PERAN AKUNTAN PROFESIONAL DALAM MENDUKUNG PENGELOLAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PADANG

Juita, Verni (2019) PERAN AKUNTAN PROFESIONAL DALAM MENDUKUNG PENGELOLAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PADANG. Universitas Andalas Press. (Unpublished)

[img] Text (Paper yang di presentasikan pada Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) yang dilaksanakan di padang BUlan Maret 2019)
Artikel_Verni_FPTVI_2019_revisi.docx - Presentation

Download (54kB)

Abstract

Tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam mempertahankan keberlansungan usahanya diakibatkan oleh ketidakmampuan pemilik dan pengelola dalam kecakapan manajerial termasuk pengetahuan untuk menjalankan fungsi-fungsi akuntansi internal. Sehingga dukungan pihak eksternal UMKM seperti KAP dipandang sangat penting. Secara khusus, studi ini mengeksplor berbagai jasa pelayanan yang disediakan oleh kantor akuntan public kepada UMKM di Kota Padang, termasuk peluang dan tantangan yang dihadapi oleh mereka. Dilakukan dengan survey menggunakan kuesioner terstruktur yang ditujukan kepada kantor akuntan public yang terdapat di Kota Padang. Karena sifat dari penelitian ini lebih kearah memberikan penjelasan (explanatory research), teknik pengambilan sampel dalam studi ini akan menggunakan metode purposive sampling. Data hasil survey dianalisa dengan menggunakan teknik analisa statistic deskriptif sederhana. Hasil yang didapat memperlihatkan luasnya variasi pemanfaatan jasa layanan akuntan professional kepada UMKM, seperti jasa penghitungan dan pelaporan pajak, konsultasi berbagai masalah bisnis, audit independen jasa pembukuan dan pembuatan laporan keuangan. Meskipun menghadapi beberapa kendala seperti: sulitnya mencari SDM yang berkualitas bagi KAP dan minimnya kemampuan keuangan UKM untuk menggunakan jasa akuntan professional, namun masih banyak peluang jasa yang dapat diberikan dengan inisiatif dari akuntan professional, UKM tersebut dan dari pihak lain seperti pemerintah dalam peningkatan pengelolaan UMKM.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Jasa Akuntan Publik bagi UMKM, pengelolaan keuangan UMKM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: Verni Juita
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:46
Last Modified: 06 Sep 2019 08:46
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/27935

Actions (login required)

View Item View Item