Pengering Kerupuk Ubi Tipe Efek Rumah Kaca Pada Industri Rumah Tangga di Piladang Kec. Akabiluru Kab. 50 Kota Sumatera Barat

Pratoto, Adjar Pengering Kerupuk Ubi Tipe Efek Rumah Kaca Pada Industri Rumah Tangga di Piladang Kec. Akabiluru Kab. 50 Kota Sumatera Barat. Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat JTM - Sungai Cubadak 50 Kota.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Usaha peningkatan nilai tambah ubi kayu dapat dilakukan dengan cara penganekaragaman produk olahan ubi kayu menjadi bahan setengah jadi (produk antara) yang selanjutnya dapat langsung dipasarkan atau menjadi produk makanan siap saji. Saat ini, di Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota usaha penganekaragaman produk olahan ubi kayu banyak dilakukan oleh industri skala rumah tangga (IRT). Namun, dalam proses pengolahannya beberapa IRT masih menggunakan teknologi sederhana sehingga produktivitas dan pendapatan usaha terbatas pada kemampuan teknologi yang digunakan. IRT Gusman (mitra pengabdian) masih menggunakan metode pengeringan konvensional berupa pengeringan melalui panas matahari. Hal ini akan menyebabkan ketergantungan produksi kerupuk ubi terhadap perubahan cuaca. Ketersediaan teknologi pengering dengan menggunakan panas buatan sebagai pengganti panas matahari belum mampu menjadi solusi pengering kerupuk ubi bagi IRT pengolah kerupuk ubi di Sumatera Barat. Kerupuk ubi yang dikeringkan secara paksa akan menyebabkan ketidakmerataan suhu pengeringan pada produk kerupuk ubi. Untuk itu, dilakukanlah introduksi teknologi pengering tenaga surya yang dirancang berdasarkan kebutuhan mitra. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa teknologi yang diintroduksikan mampu meningkatkan produktivitas produksi kerupuk ubi hingga 2 kali lipat dari proses produksi dengan menggunakan teknologi konvensional sebelumnya.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: Mr Berry Yuliandra
Date Deposited: 13 Aug 2018 15:38
Last Modified: 13 Aug 2018 15:38
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item