ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HUBUNGAN ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI PADA INDUSTRI MULTILEVEL MARKETING

Syafrizal, Syafrizal (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HUBUNGAN ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI PADA INDUSTRI MULTILEVEL MARKETING. Working Paper. Fakultas Farmasi. (Unpublished)

[img] Text
absk_ekonomi_03.doc

Download (28kB)

Abstract

Hubungan pertukaran yang berkualitas akan dapat mengurangi resiko dan ketidakpastian bagi pelanggan dalam pemenuhan keinginan dan kebutuhan yang mereka harapkan. Kualitas hubungan antara penjual dan pembeli dipengaruhi oleh banyak faktor. Menurut Amy L. Parson (2002) ada dua faktor utama yang mempengaruhi kualitas hubungan ini yaitu: Faktor Interpersonal dan Faktor Sifat Hubungan itu sendiri. Faktor interpersonal fokus pada persepsi pembeli tentang bagaimana penjual dapat mempengaruhi kualitas hubungan antara penjual dan pembeli. Sementara itu faktor sifat hubungan lebih menekankan pada sifat hubungan antara pembeli dan penjual yang terlibat dalam pertukaran. Faktor sifat hubungan ini terdiri dari dua variabel yaitu: derajat penetapan tujuan bersama dan manfaat yang diperoleh dari hubungan antara penjual dan pembeli. Selain faktor interpersonal dan sifat hubungan, kualitas hubungan juga dapat dipengaruhi oleh faktor situasional dan kondisi pasar. Faktor situasional mengacu pada tinggi rendahnya kompleksitas pasokan yang dibutuhkan oleh pembeli. Disisi lain pasar sering mengalami dinamika yang cepat. Pembeli dan penjual secara bersama-sama dapat belajar dan mengantisipasi perubahan pasar dimasa datang dengan menjalin hubungan dan interaksi yang lebih akrab (Perreault dan Cannon 1999). Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota jaringan usaha pada industri multilevel marketing di Kota Padang. Penarikan responden penelitian dilakukan melalui metode convenience sampling. Pengambilan data dilakukan melalui survey lapangan. Analisis data menggunakan teknik SEM. Dari penelitian ini ditemukan bahwa variable sifat saling terbuka, keahlian, dan kepentingan pasokan berpengaruh positif terhadap kualitas hubungan. Diantara ketiga variable tersebut, variable sifat saling terbuka memiliki pengaruh paling besar terhadap kualitas hubungan. Sementara itu juga terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas hubungan dengan niat bekerjasama. Dengan demikian kualitas hubungan merupakan variable mediasi antara aktivitas pemasaran hubungan dengan niat bekerjasama.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 23 Mar 2016 08:40
Last Modified: 23 Mar 2016 08:40
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item