PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN DAN CERAMAH DALAM PENYULUHAN TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MURID SEKOLAH DASAR

NIMAS M, AGUSTINA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN DAN CERAMAH DALAM PENYULUHAN TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT MURID SEKOLAH DASAR. Other thesis, Unand.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab%201.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas Padang Skripsi, Maret 2014 Agustina Nimas M (1010342025) Pengaruh Penggunaan Metode Bermain dan Ceramah dalam Penyuluhan Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Murid Sekolah Dasar xvi + 55 Halaman + 1 Gambar + 5 Tabel + 6 Lampiran ABSTRAK Pengetahuan kesehatan adalah suatu bentuk pemahaman dari seseorang yang nantinya akan memberi pengaruh terhadap berlangsung dan berubahnya perilaku menuju hidup sehat. Pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut yang baik akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku masyarakat sehingga nantinya akan meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain dan ceramah dalam penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut murid sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan pretest postest design. Penelitian dilakukan pada 32 murid SDN 19 Durian Tarung dan 32 murid SDN 30 Cubadak Aie Kota Padang. Tingkat pengetahuan diukur melalui kuesioner yang diisi responden sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Kelompok responden yang diberikan penyuluhan menggunakan metode bermain maupun ceramah masing – masing diberi perlakuan selama 60 menit. Media permainan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ludo kesehatan gigi dan mulut. Hasil penelitian diketahui bahwa 24 responden (75%) yang diberikan penyuluhan dengan metode bermain menunjukkan perubahan tingkat pengetahuan sedangkan 8 responden (25%) tidak menunjukkan perubahan tingkat pengetahuan. Pada kelompok yang diberikan penyuluhan dengan metode ceramah 14 responden (43,8%) menunjukkan perubahan tingkat pengetahuan dan 18 responden (56,3%) tidak menunjukkan perubahan. Uji statistik chi square menunjukkan ada perbedaan proporsi perubahan tingkat pengetahuan yang bermakna antara kelompok yang diberikan metode bermain dengan ceramah sesudah dilakukan penyuluhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyuluhan menggunakan metode bermain lebih berpengaruh merubah tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dibandingkan dengan penyuluhan menggunakan metode ceramah pada murid sekolah dasar. Kata kunci : penyuluhan, bermain, ceramah, tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, murid sekolah dasar. Kepustakaan : 21 (2001-2012) Faculty Of Dentistry University of Andalas Padang Script, March 2014 Agustina Nimas M (1010342025) The Effect of Using Playing and Lecturing Methods on Counseling Toward the Changing of Grader of Knowledge of Dental and Oral Health in Primary School Students xvi + 55 Pages + 1 Picture + 5 Table + 6 Appendix ABSTRACT Knowledge of health is a form of understanding from a person who will gives effect to the ongoing and changing behavior toward healthy living. Knowledge of dental health and good oral hygiene will influence the attitudes and behavior of society so it will increase the degree of dental and oral health . The purpose of this study is to determine the effect of using playing and lecturing method in counseling toward the level of dental and oral health knowledge of primary school students . The method used in this study is quasi experiment with pretest and postest design. Research was conducted at SDN 19 Durian Tarung with 32 students as samples and at SDN 30 Cubadak Aie Padang with 32 students as samples. The level of knowledge was measured by using a questionnaire that completed by respondents before and after counseling. Group of respondents that gives counseling by using playing and lecturing method were given treatment for 60 minutes. Media used in the research is ludo dental and oral health . The results show that 24 respondents ( 75 % ) were given counseling with play method show changes in level of knowledge while 8 respondents ( 25 % ) showed no change in level of knowledge. And group which given counseling with lecture method, 14 respondents ( 43.8 % ) show changes in level of knowledge and 18 respondents ( 56.3 % ) show no change. Chi square statistical test show a difference in the proportion of change in level of knowledge among groups which given play method with lecture after counseling . The conclusion of this study is counseling using playing method is more influential in change the level of dental and oral health knowledge compared to lecturing method in primary school students. Keywords: counseling, play, lecture, level of dental and oral health knowledge, primary school students. Literature : 21 (2001-2012)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:21
Last Modified: 22 Mar 2016 06:21
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item