Meilani, Difana and Agung Yulianto, Ardhian and Rahman Syahrija, Arief (2013) Perancangan Aplikasi Simulasi Pemasaran untuk Executive Decision pada Perusahaan Manufaktur. Teknika Unand, 20 (28). pp. 71-77.
|
Text
Perancangan%20Aplikasi%20Simulasi%20Pemasaran%20untuk%20Executive%20Decision%20pada%20Perusahaan%20Manufaktur.pdf Download (67kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Peningkatan kemampuan dalam penjualan produk pada suatu perusahaan manufaktur haruslah didukung dengan kemampuan dari program manajemen pemasaran yang hebat. Untuk melaksanakan fungsinya tersebut kegiatan pemasaran pada suatu perusahaan manufaktur haruslah memiliki suatu inovasi dan kreatifitas agar visi dan misi perusahaan manufaktur dapat tercapai dengan maksimal. Perancangan aplikasi simulasi pemasaran dimulai dari survey pendahuluan kepada pengusaha muda yang berada di kota Padang. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan skenario simulasi pemasaran, dan use case berdasarkan skenario simulasi yang digunakan. Tahap selanjutnya dilakukan object oriented design (OOD) dengan melakukan identifikasi terhadap class dan object, dan pembuatan class diagram.Tahap selanjutnya yaitu perancangan database dengan menggunakan My SQL. Database yang dirancang dibuat dengan melihat keterkaitan antara atribut dari masing- masing use case. Langkah terakhir, dilakukan perancangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman php dengan menerapkan hasil perancangan aplikasi simulasi pemasaran dengan perancangan database. Aplikasi simulasi pemasaran yang telah dirancang diharapkan dapat menambah kemampuan simulator saat mensimulasikan pemasaran dalam menetapkan penjualan, biaya pemasaran, distributor, dan harga jual. Hasil simulasi pemasaran yang didapatkan merupakan perbandingan antara biaya produksi dengan tota biaya pemasaran sehingga dapat diketahui profit dari hasil perbandingan tersebut. Kata kunci : simulasi pemasaran, pemasaran, simulator. Abstract Enhancement of product sales capability in a manufacturing company should be supported by a great ability of marketing management program. To carry out its functions, marketing activities at a manufacturing company must have an innovation and creativity so that the vision and mission of manufacturing enterprises have a maximum achievement. Design application marketing simulation started from a preliminary survey to young entrepreneurs in Padang City. Then proceed with the design of marketing simulation scenarios, and use case based on the simulation scenario used. The next stage was Object Oriented Design (OOD) with the identification of classes and objects, and making class diagram. The next stage is design using My SQL database. Database design made based on the relationship between attributes of each use case. The last step is design the applications using php programming language by applying the results of the simulation application design marketing with design database. Marketing simulation application that has been designed is expected to increase the ability of simulator to simulate marketing activities in setting sales marketing, marketing costs, distributors, and selling price. Marketing simulation obtained the ratio between the total of production cost and total marketing cost so as to know the profit from the results of this comparison Keyword : simulation marketing, marketing, simulator
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 04 May 2016 09:18 |
Last Modified: | 04 May 2016 09:18 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/3518 |
Actions (login required)
View Item |