PERBANDINGAN ANTARA KOMPENSASI DAYA REAKTIF TERPUSAT DENGAN KOMPENSASI DAYA REAKTIF TERDISTRIBUSI BAGI PERBAIKAN KESTABILAN TEGANGAN PADA SISTEM KELISTRIKAN SUMBAR – RIAU

Nasir Sonni, Muhammad (2010) PERBANDINGAN ANTARA KOMPENSASI DAYA REAKTIF TERPUSAT DENGAN KOMPENSASI DAYA REAKTIF TERDISTRIBUSI BAGI PERBAIKAN KESTABILAN TEGANGAN PADA SISTEM KELISTRIKAN SUMBAR – RIAU. Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
8.NASIR_SONNI.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Permasalahan kestabilan tegangan merupakan salah satu isu yang berkaitan erat dengan masalah penyediaan suplai daya reaktif pada suatu beban. Transfer daya reaktif tidak dapat dilakukan secara efektif melalui saluran transmisi. Salah satu cara dalam menanggulangi hal itu adalah dengan injeksi daya reaktif dengan pemasangan kapasitor shunt. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan antara kompensasi terpusat dengan terdistribusi . Studi kasus pada penelitian ini dilakukan pada sistem kelistrikan Riau yang terdiri dari 5 busbar. Proses simulasi dilakukan dengan menggunakan software PSS/E v.30.3, luaran dari simulasi berupa kurva Q-V dan kurva P-V. Kedua kurva ini digunakan untuk menentukan bus terlemah pada sistem dan menentukan efek kompensasi. Dari hasil simulasi menunjukan bahwa bus Bagan Batu memiliki margin kestabilan tegangan yang paling lemah. Pemasangan kapasitor secara terpusat (Lumped Compensation) lebih baik dibandingkan dengan kompensasi tersebar. Pemasangan kapasitor sebesar 15 MVAR pada bus Bagan Batu menunjukan kenaikan kestabilan tegangan dengan menghasilkan transfer daya yang maksimum yaitu sebesar 63 MW. Kata kunci : Kestabilan Tegangan, margin kestabilan, injeksi daya reaktif, titik kritis

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 30 May 2016 03:06
Last Modified: 30 May 2016 03:06
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item