Prosiding Seminar Nasional Sosek 2019 dari hasil Penelitian dan dipresentasikan dengan Judul "Analisis Proporsinal Keuntungan Petani ndan Pedagang Perantara Pada Usahatani dan Pemasaran Tembakau dari Kec.Bukit Barisan Kab.Lima Puluh Kota"

yusri, usman Prosiding Seminar Nasional Sosek 2019 dari hasil Penelitian dan dipresentasikan dengan Judul "Analisis Proporsinal Keuntungan Petani ndan Pedagang Perantara Pada Usahatani dan Pemasaran Tembakau dari Kec.Bukit Barisan Kab.Lima Puluh Kota". Prosiding Seminar Nasional Sosek 2019. ISSN ISBN : 978-623-93198-0-9

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas Sosek3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas Sosek2.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai keuntungan yang diterima petani dan pedagang perantara terhadap keuntungan proporsional petani dan pedagang perantara pada usahatani dan pemasaran tembakau dari Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten 50 Kota. Penelitian menggunakan metoda survai dengan pengambilan sampel petani sebanyak 30 orang dari 90 orang petani secara acak sederhana dan sampel pedagang perantara berdasarkan keterlibatan pedagang perantara dengan petani. Dari hasil penelitian ditemukan 2 macam saluran pemasaran yaitu 1) petani  pedagang pengumpul  pedagang pengecer  konsumen dan 2) petani  pedagang pengecer  konsumen. Tembakau yang dipasarkan adalah tembakau yang dikonsumsi oleh konsumen untuk rokok tradisional. Dari hasil analisis didapatkan tidak terdapatnya keuntungan proporsional di kedua saluran pemasaran tersebut, dimana keuntungan yang diterima petani tidak proporsional yaitu keuntungan yang diterima lebih tinggi dari keuntungan proporsionalnya dan keuntungan yang diterima pedagang pengumpul dan pedagang pengecer belum proporsional yaitu keuntungan yang diterima lebih rendah dari keuntungan proporsionalnya. Disarankan pedagang perantara ini tidak hanya menjual tembakau dalam bentuk rokok tradisional tetapi juga dalam bentuk rokok modern untuk meningkatkan harga jual dan keuntungan. Kata kunci: keuntungan diterima, keuntungan proporsional, rokok tradisional.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: yusri usman
Date Deposited: 02 Aug 2020 06:10
Last Modified: 02 Aug 2020 06:10
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/34147

Actions (login required)

View Item View Item