Laporan Akhir Uji Efikasi dengan judul" Pengujian Semi Lapangan Efikasi Insektisida Bento 50 EC (sipermetrin 50 g/l) Terhadap Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura) dan Pengaruhnya Terhadap Parasitoid (Snellinius manillae) Pada Tanaman Cabai"

Efendi, Siska Laporan Akhir Uji Efikasi dengan judul" Pengujian Semi Lapangan Efikasi Insektisida Bento 50 EC (sipermetrin 50 g/l) Terhadap Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura) dan Pengaruhnya Terhadap Parasitoid (Snellinius manillae) Pada Tanaman Cabai". Fakultas Pertaninian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN EFIKASI INSEKTISIDA BENTO 50 EC_SISKA EFENDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pestisida menjadi pilihan utama untuk mengendalikan S. litura pada ekosistem pertanaman cabai. Penggunaan pestisida akan memberikan hasil yang optimal jika aplikasinya didasari dengan pengetahuan tentang jenis, takaran, cara dan waktu aplikasi yang tepat. Bento 50 EC (sipermetrin 50 g/l) merupakan merek insektisida yang potensial digunakan dalam mengendalikan S. litura pada tanaman cabai. Untuk itu dilakukan percobaan yang bertujuan menguji keefektifan insektisida Bento 50 EC pada beberapa taraf konsentrasi terhadap S. litura dan pengaruhnya terhadap parasitoid S. manilae pada tanaman cabai di laboratorium. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan adalah beberapa konsentrasi insektisida Bento 50 EC yakni 0,25 g/l; 0,50 g/l; 0,75 g/l; dan 1,0 g/l. Satuan percobaan adalah satu pot tanaman cabai berumur 6 minggu setelah tanam. Data dianalisis sidik ragam, kemudian dilanjutkan uji DNMRT pada taraf 5%. Analisis sidik ragam menunjukkan bahwa semua konsentrasi insektisida Bento 50 EC yang diuji berpengaruh nyata terhadap mortalitas S. litura. Mortalitas S. litura tertinggi terdapat pada konsentrasi 0,75 ml/l dan 1,0 g/l dan terdapat pada semua waktu pengamatan. Nilai efikasi insektisida Bento 50 EC yang sesuai kriteria adalah konsentrasi 0,75 ml/l dan 1,0 g/l. Dimana nilai efikasi (El)>80% terdapat pada empat waktu pengamatan mulai 24 JSA sampai dengan 96 JSA. Insektisida Bento 50 EC tergolong tidak beracun sampai agak beracun terhadap parasitoid S. manilae.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Siska Efendi
Date Deposited: 13 Jan 2020 13:21
Last Modified: 13 Jan 2020 13:21
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/30518

Actions (login required)

View Item View Item