OPTIMASI PENJADWALAN KASIR PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA, Tbk CABANG PADANG

Muluk, Asmuliardi and Helmi, Meilly Marnika (2010) OPTIMASI PENJADWALAN KASIR PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA, Tbk CABANG PADANG. Optimasi Sistem Industri,, 7 (1). pp. 50-54. ISSN 1412-4769

[img]
Preview
Text
6_Jurnal-TIUA-_Ardi%2CMelly__Edisi_13_hal-50-54.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

cukup pesat. Ramayana sangat menyadari pentingnya kepuasan pelanggan. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan adalah mempersingkat waktu tunggu pelanggan saat membayar di kasir. Kesalahan estimasi jumlah kasir yang dibutuhkan akan mengakibatkan panjangnya antrian pelanggan saat ramai dan idle kasir pada saat sepi. Selain itu kelebihan kasir juga akan mengakibatkan meningkatnya biaya tenaga kerja. Oleh sebab itu, maka perlu ditentukan kebutuhan kasir optimal pada saat tertentu. Berdasarkan waktu antar kedatangan pelanggan di kasir maka dapat ditetapkan empat kategori tingkat keramaian. Selanjutnya ditentukan kebutuhan kasir optimal pada masing-masing kategori tingkat keramaian dengan menggunakan software simulasi Arena dan kriteria aspirasi. Kriteria aspirasi ditetapkan oleh Ramayana yaitu antrian maksimum pelanggan yang diharapkan adalah 5 orang. Nilai kebutuhan kasir optimal ini digunakan untuk membuat penjadwalan kasir dengan pola 6 hari kerja untuk 7 hari pelayanan dalam seminggu. Penjadwalan yang baru ini dapat meminimasi antrian panjang pelanggan pada saat ramai dan idle kasir saat sepi, surplus maupun defisit kasir bisa dijadwalkan secara merata. Dengan mengetahui jumlah optimal kebutuhan kasir, memungkinkan perencanaan rekruitment yang lebih baik. Kata Kunci : Penjadwalan kasir, Kriteria aspirasi, Shift kerja

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 18 Apr 2016 09:26
Last Modified: 18 Apr 2016 09:26
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/2984

Actions (login required)

View Item View Item