IbM Anak usia prasekolah di TK 'Aisyiyah Padang

Dwi, Novrianda (2014) IbM Anak usia prasekolah di TK 'Aisyiyah Padang. IbM Anak Usia Prasekolah di TK 'Aisyiyah Padang.

[img]
Preview
Text
IbM%20Anak%20usia%20prasekolah%20di%20TK%20%27Aisyiyah%20Padang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam mempersiapkan anak usia prasekolah untuk perubahan gaya hidup yang paling bermakna atau mulai sekolah, maka diperlukan kombinasi dari berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu biologis, psikososial, kultural, kognitif, spiritual dan sosial selama periode prasekolah (usia 3 sampai 5 tahun). Berbagai macam permainan yang dapat mengembangkan kemampuan anak, seperti bermain peran, puzzle, dan origami. Salah satu upaya untuk mengetahui perkembangan motorik halus dan kognitif anak usia prasekolah adalah dengan menggunakan terapi bermain: origami. Berdasarkan hasil observasi di Taman Pendidikan Kanak-Kanak Aisyiah Padang, dapat terlihat anak-anak masih belum dapat mengembangkan kemampuan mengenal benda dan membentuk benda. Anak dapat menggunting dan menempel kertas tapi belum rapi dan tidak sesuai dengan pola. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah dan daya kreativitas anak. Sasaran dari program ini adalah murid TK ‘Aisyiyah Padang. Metode pelaksanaan program IBM ini mencakup beberapa tahapan yaitu tahap persiapan meliputi: mempersiapkan izin lokasi, desain media edukasi yang tepat untuk anak dan alat permainan. Tahap kedua yaitu pelaksanaan meliputi identifikasi karakteristik anak, tahap pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan KPSP, sosialisasi program kepada pihak sekolah, melaksanakan terapi bermain: origami, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan. Tahap ketiga adalah tahap evaluasi mencakup penilaian perkembangan motorik halus anak 1 minggu setelah pelaksanaan kegiatan. Target luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah publikasi ilmiah dalam jurnal nasional yang terakreditasi, prosiding pada seminar ilmiah berskala nasional/internasional, rumusan pendekatan intervensi yang tepat dalam mengembangkan ketrampilan motorik halus pada anak dan pengayaan bahan ajar keperawatan anak.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 21 Mar 2016 03:57
Last Modified: 21 Mar 2016 03:57
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item