PELAKSANAAN ASURANSI DEMAM BERDARAH DALAM BENTUK VOUCHER PADA PT. ASURANSI CENTRAL ASIA (ACA) CABANG PADANG

Widi, Ihsan (2010) PELAKSANAAN ASURANSI DEMAM BERDARAH DALAM BENTUK VOUCHER PADA PT. ASURANSI CENTRAL ASIA (ACA) CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN ASURANSI DEMAM BERDARAH DALAM BENTUK VOUCHER PADA PT. ASURANSI CENTRAL ASIA (ACA) CABANG PADANG)
PELAKSANAAN_ASURANSI_DEMAM_BERDARAH.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat tentang antisipasi resiko khususnya kesehatan, maka PT. Asuransi Central Asia (ACA) mengeluarkan asuransi demam berdarah dengan menggunakan voucher yang dapat diisi ulang oleh membernya tanpa adanya keterikatan atau keterpaksaan bagi nasabahnya untuk melalukan isi ulang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang pelaksanaan dan mekanisme pembayaran klaim, serta kendala-kendala yang timbul dalam pelaksanaan asuransi demam berdarah dalam bentuk voucher pada PT. ACA cabang Padang dan upaya yang ditempuh dalam penyelesaiannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode yang bersifat yuridis sosiologis, yaitu pendekatan masalah melalui penelitian hukum yang terjadi di lapangan yang dihubungkan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan :(1). Pelaksanaan asuransi demam berdarah dalam bentuk voucher pada PT. ACA cabang Padang sesuai dengan penjelasan yang terdapat dalam perjanjian antara tertanggung dengan Penanggung, yang didalamnya terdapat prosedur tentang cara klaim. (2). Mekanisme pembayaran klaim atau ganti rugi dari produk asuransi demam berdarah dalam bentuk voucher pada PT. ACA cabang Padang dilakukan berdasarkan pada syarat-syarat dan ketentuan pada perjanjian asuransi demam berdarah. Penanggung akan memberikan ganti rugi kepada tertanggung sesuai dengan besarnya nominal rupiah yang dicover oleh pihak penanggung. (3). Faktor faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan klaim Asuransi Demam Berdarah yang timbul yaitu adanya keterlambatan pelaporan klaim dan ketidakjujuran oleh calon Tertanggung dalam hal surat keterangan dokter dan hasil laboratorium dimana kondisi yang tidak sesungguhnya, mengakibatkan klaim ditolak oleh Penanggung. Upaya yang ditempuh dalam penyelesaiannya adalah unit marketing PT. ACA Cabang Padang ataupun agen ACA terdaftar memberikan penjelasan hak dan kewajiban peserta menggunakan komunikasi yang baik dengan nasabah agar tidak terjadi kesalahpahaman sehingga hal tersebut tidak merugikan peserta Asuransi Demam Berdarah maupun PT. ACA Cabang Padang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 01 Apr 2016 02:37
Last Modified: 01 Apr 2016 02:37
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item