Drinata, Arfen (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN ALAT KONTRASEPSI DI KOTA PADANG (Studi Kasus : Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesie (PKBI) Sumatera Barat). Other thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
IMG.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
PKBI merupakan lembaga yang memfokuskan diri pada pemberian akses pelayanan KB dan kesehatan reproduksi bagi seluruh kelompok masyarakat terutama bagi kelompok yang tidak terlayani. Manajemen suplai alat kontrasepsi berbasis masyarakat dikembangkan untuk mengetahui faktor penentu bagi pengguna alat kontrasepsi dengan memberikan pendidikan dan meningkatkan kesadaran KB untuk pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi tidak aman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keputusan konsumen (masyarakat) dalam menggunakan alat kontrasepsi dan apa yang menjadi faktor utama bagi konsumen (masyarakat) sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk menggunakan alat kontrasepsi di Kota Padang. Penelitian ini merupakan applied research atau penelitian terapan yang bersifat deskriptif kuantitatif dan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menginterpretasikan berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen (masyarakat) di Kota Padang dalam bentuk temuan empiris dengan menggunakan metode factor analysis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 6 faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu proses keputusan pembelian, persepsi dan kelompok acuan, promosi/distribusi dari mediasi PKBI Sumatera Barat, sikap dan motivasi, kesejahteraan keluarga dan atribut produk alat kontrasepsi yang digunakan. Proses keputusan pembelian merupakan faktor utama (paling dominan) yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam menggunakan alat kontrasepsi pada wilayah kerja PKBI Sumatera Barat di Kota Padang. Untuk itu, perlunya peningkatan penyuluhan dari Dinas Kesehatan Kota Padang atau melalui mediasi PKBI Sumatera Barat dalam menampung serta mengaktualisasikan keinginan dan motivasi masyarakat dalam keikutsertaan mereka menciptakan Keluarga Berencana (KB) secara langsung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 08:44 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 08:44 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/2232 |
Actions (login required)
View Item |