Sistem Cerdas Reservasi dan Pemantauan Parkir pada Lokasi Kampus Berbasis Konsep Internet of Things

Ichwana, Dody Sistem Cerdas Reservasi dan Pemantauan Parkir pada Lokasi Kampus Berbasis Konsep Internet of Things. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom).

[img]
Preview
Text
12984-26699-2-PB.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan kendaraan yang semakin meningkat di lokasi kampus pada saat ini mengakibatkan semakin sulitnya menemukan tempat parkir kosong. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem reservasi dan pemantauan parkir pada lokasi kampus menggunakan NFC dan konsep IoT. NFC digunakan untuk melakukan konfirmasi dari kode pemesanan yang telah dihasilkan oleh sistem. Pada lokasi parkir, sensor jarak ultrasonik dipasang untuk mendeteksi ketersediaan parkir. Konsep IoT telah diterapkan untuk membangun sistem ini. Aplikasi pada perangkat telepon cerdas telah berhasil melakukan reservasi pada lokasi parkir yang diinginkan melalui Internet. Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian kotak menggunakan data uji jumlah tempat parkir yang ada di lingkungan kampus Universitas Andalas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem telah mampu mendeteksi lokasi parkir yang kosong dan melakukan reservasi dengan waktu pengiriman data ke server selama 0.7952 detik.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: Mr Dody Ichwana
Date Deposited: 28 Dec 2018 08:47
Last Modified: 28 Dec 2018 08:47
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/17559

Actions (login required)

View Item View Item