RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEBARAN PENYELENGGARA JASA POS DI KOTA PADANG

Hafidz, Wahid Fachrul and Suryamen, Haris and Akbar, Fajril RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEBARAN PENYELENGGARA JASA POS DI KOTA PADANG. In: SEMNASTEK 2017, 1 Nov 2017, Jakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2066-4390-1-SM.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (684kB) | Preview

Abstract

Penyelenggara jasa pos salah satu jenis usaha baru yang pesat perkembangannya seiring dengan berkembangnya e-commerce. Jasa pos menjadi penghubung antara customer dengan digital market. Saat ini, jasa pos di Kota Padang telah tersebar di beberapa 11 kecamatan. Informasi keberadaan dan fasilitas jasa pos yang ada juga tidak terpantau dengan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang bagian Seksi Pos dan Telekomunikasi dalam menjalankan fungsinya sebagai pengawas. Disamping itu, masyarakat juga mendapatkan informasi jasa pos secara terpisah. Oleh karena itu dirancangsebuah sistem informasi berbasis lokasi dari jasa penyelenggara pos Kota Padang yang berbasis web. Pengembangan perangkat lunak dilakukan dengan metode waterfall meliputi tahap analisis, desain, pengodean, dan pengujian. Tahapan analisis dirumuskan kebutuhan fungsional yang antaranya pencarian jasa penyelenggara pos yang terdekat, grafik penyebaran jasa penyelenggara pos, dan mengelola informasi penyelenggara pos. Aplikasi ini dibangun dengan PHP, HTML serta Javascript. Google Maps dengan perantara Application Program Interface (API)-nya digunakan sebagai peta dasar dan jalur interaksi dengan sistem. Basis data dikembangkan dengan memanfaatkan PostGIS. Fungsi-fungsi PostGIS yang digunakan yaitu fungsi ST_X, ST_Y, ST_Contains, ST_asGeoJSON, ST_Centroid, ST_Distance_Sphere, dan ST_GeomFromText. Pengujian dengan blackbox testing yang berfokus pada output dan fungsional dari sistem. Hasil dari pengujian terhadap 17 kebutuhan fungsional yang dilakukan oleh 5 orang penguji menunjukkan bahwa aplikasi web untuk Sistem Infromasi Geografis (SIG) penyebaran jasa pos di Kota Padang telah sesuai dengan rancangan kebutuhan fungsional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Fajril Akbar
Date Deposited: 04 Sep 2018 16:17
Last Modified: 04 Sep 2018 16:29
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/14837

Actions (login required)

View Item View Item