Pengembangan Padi Beras Merah Lokal Sumatera Barat: Karakterisasi, Uji Resistensi Biotik dan Abiotik, serta Perbaikan Karakter

suliansyah, irfan and Dwipa, Indra and Yusniwati, Yusniwati Pengembangan Padi Beras Merah Lokal Sumatera Barat: Karakterisasi, Uji Resistensi Biotik dan Abiotik, serta Perbaikan Karakter. Laporan Akhir.

[img]
Preview
Text
2017_penelitian HIBAH GB.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Tujuan akhir penelitian ini adalah memperbaiki genetik padi beras merah lokal Sumatera Barat untuk mendapatkan sifat yang lebih unggul, khususnya lebih genjah melalui pemuliaan mutasi. Sedang penelitian awal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dosis iradiasi efektif untuk menghasilkan keragaman genetik tanaman padi beras merah lokal Sumatera Barat yang tinggi. Penelitian dilaksanakan mulai Maret hingga Mei 2017 di PATIR BATAN) Jakarta Selatan, untuk kegiatan mengiradiasi benih dan Green House Fakultas Pertanian Universitas Andalas, untuk screening orientasi dosis iradiasi. Bahan tanaman yang digunakan adalah benih padi genotipe Sigah dan media tanam yang merupakan campuran tanah dan pupuk kandang (3:1). Alat yang digunakan adalah irradiator 60Co Gammacell 220 untuk iradiasi sinar gamma. Benih dimasukkan dalam 11 kantung kertas masing-masing seberat 200 gram untuk diiradiasi dengan sinar gamma pada dosis 0 Gray (sebagai kontrol); 100 Gray; 200 Gray; 300 Gray; sampai dosis 1000 Gray. Dari hasil percobaan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi dosis iradiasi, maka akan mengakibatkan tanaman padi beras merah semakin tertekan pertumbuhannya. Dosis efektif iradiasi sinar Gamma adalah 200 Gray dan 300 Gray. Tanaman padi beras merah tidak mampu tumbuh lagi setelah diiradiasi dengan sinar Gamma 500 Gray atau dengan dosis yang lebih tinggi.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Irfan Suliansyah
Date Deposited: 20 Aug 2018 12:36
Last Modified: 20 Aug 2018 12:36
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item View Item