Pengaplikasian Dye-Sensitizer Solar Cell Dari Ekstrak Kulit Buah Manggis Menggunakan Elektrolit Polimer Padat Pada Portable Charger

Kurniawan, Eki and Ridwan, Iskandar (2014) Pengaplikasian Dye-Sensitizer Solar Cell Dari Ekstrak Kulit Buah Manggis Menggunakan Elektrolit Polimer Padat Pada Portable Charger. Prosiding Seminar Inovasi Teknologi dan Rekayasa Industri 2015 (008).

[img] Text
ARTIKEL SINTERIN II - Iskandar R - 2014.pdf

Download (537kB)

Abstract

Dye-sensitized solar cell merupakan sel surya yang berbasis fotoelektrokimia dimana proses absorbsi cahaya dilakukan oleh bahan organik molekul dye dan proses separasi muatan oleh bahan anorganik semikonduktor TiO2. Dye-sensitized solar cell (DSSC), sebagai teknologi sel surya yang berkembang dan proses produksinya yang simpel, merupakan alternatif sel surya murah dimasa yang akan datang seiring mahalnya harga produksi sel surya konvensional (sel surya silikon). Pada penelitian ini telah berhasil dilakukan pembuatan dan pengujian dye-sensitized solar cell menggunakan dye bahan organik jenis anthocyanin dye dari ekstraksi kulit buah manggis, dan semikonduktor bubuk TiO2 serta menggunakan elektrolit polimer padat agar tidak mudah menguap di udara. Dari penelitian yang telah dilakukan, sel surya DSSC ini telah berhasil diterapkan pada portable charger untuk mengisi baterai recharcheable. Dimana dengan efisiensi maksimum portable charger yang didapat dari pengujian sebesar 1,996 % dan tegangan maksimum yang diperoleh sebesar 2,789 Volt pada intensitas cahaya matahari 752,68 W/m2, dapat mengisi kedua baterai tersebut masing-masing 41 mV dan 70 mV.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: Departemen Mesin
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:20
Last Modified: 23 Jun 2023 09:20
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/50424

Actions (login required)

View Item View Item