PERANCANGAN STANDAR PENILAIAN KINERJA PEMELIHARAANLAMPUJALANBERDASARKAN KEY PERFORMANCE INDICATORS

ramadian, demi (2014) PERANCANGAN STANDAR PENILAIAN KINERJA PEMELIHARAANLAMPUJALANBERDASARKAN KEY PERFORMANCE INDICATORS. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB%20I%20ok.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar%20isi%20ok.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sistem transportasi yang baik dan memadai merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan terhadap keperluan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya setiap hari. Aktivitas masyarakat tidak hanya berlangsung pada siang hari, namun juga dilakukan pada malam hari sehingga keberadaan lampu penerangan jalan sangat penting untuk menerangi jalan dan melancarkan aktivitas masyarakat tersebut. Saat ini kondisi lampu jalan diKota Padang banyak yang mengalami kerusakan. Penyebab utama kerusakan lampu jalan adalah tegangan, yaitu beban puncak yang terjadi mulai dari pukul 18.00-23.00 WIB. Untuk mengurangi kerusakan terhadap lampu jalan maka diperlukan pemeliharaan terhadap lampu jalan itu sendiri. Saat ini Negara seperti Inggris, Australia dan Jerman menggunakan Key Performance Indicators (KPI’s) untuk melakukan pemeliharaan terhadap lampu jalan. KPI’s menjadi faktor penentu dalam melakukan pemeliharaan lampu jalan sehingga dihasilkan standar penilaian kinerja dalam melakukanpenilaian terhadap pemeliharaan lampu jalan. Penelitian ini akan menghasilkan standar penialain kinerja terhadap pemeliharaan lampu jalan berdasarkan KPI’s. Perancangan dimulai dengan mengidentifikasi KPI’s yang didapatkan dari studi literatur. KPI’s yang telah didapatkan diverifikasi kepada stakeholder untuk mendapatkan KPI’s yang cocok untuk diterapkan di kota Padang. Setelah itu dilakukan pembobotan KPI’s melalui perbandingan berpasangan dengan menggunakan metode Analytical Hirearchy Process (AHP). Tahapan berikutnya merancang standar penilaian untuk kinerja pemeliharaan lampu jalan. Setelah itu dilakukan penilaian berdasarkan standar penilaian yang telah dibuat. Hasil dari perancangan standar penialain kinerja didapatkan 6 kriteria dan 20 indikator. Kriteria yang didapatkan yaitu Kualitas, Layanan, Pemeliharaan, Waktu, FasilitasdanBiaya. Sedangkan indikator yang didapatkan yaitu Sumber daya manusia, Tingkat kepuasan dengan layanan yang disediakan, Jaminan kualitas dan proses konsultasi masyarakat, Presentase pengujian terhadap listrik per tahun, Pasokan energi listrik untuk lampu jalan, Presentase kemampuan memperbaiki lampu jalan dalam 7 hari, Layanan yang ditawarkan terhadap pemeliharaan, Tiang lampu jalan yang tahan lebih dari 30 tahun, Kemampuanlampu bercahaya, Umur dari lampu, Ketersediaan suku cadang saat dilakukan perbaikan lampu jalan, Total seluruh jumlah tiang lampu jalan, Rata–rata waktu yang diambil untuk memperbaiki lampu jalan, Rata–rata konsumsi listrik per tahun, Biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan rutin, Biaya rata–rata pemeliharaan lampu jalan, Rata–rata jumlah hari yang diberikan untuk memperbaiki lampu jalan, Presentase jumlah lampu rusak, Biaya pegawai per individu dalam memperbaiki lampu jalan, dan Biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan non rutin. Hasil dari penilaian kinerjaini berupa kondisi kinerjapemeliharaan lampu jalan yang ada saat ini. Berdasarkan hasil penilaian kinerja pemeliharaan, lampu jalan kota Padang termasuk ke dalam kategori sedang dengan nilai performansi 4,735 dari nilai 10. Pemeliharaan lampu jalan kota Padang sebaiknya memperhatikan faktor biaya agar kinerja pemeliharaan lampu jalan dapat lebih maksimal di masa yang akan datang. Kata kunci : penilaian, kinerja, key performance indicators,kinerjapemeliharaan lampu jalan ABSTRACT A good transportation system is essential and sufficient to be considered to meet the needs of service to the needs of the community in carrying out daily activities.Community activityis not onlyduring the daytime, but also done at night so that the presence of street lighting is essential to illuminate the road and launch activities of the community.Current condition of street lights inPadang citywere damaged. Main cause damage to the streetlight is the voltage, the peak load occurring from 18:00 to 23:00 o'clock pm. To reduce damage to the maintenance of street lights necessary to light the road itself. Currently the State like the UK, Australia and Germany using the Key Performance Indicator's (KPI's) to perform maintenance on street lights. KPI's to be the deciding factor in the maintenance of street lights so that the standards produced in the performance appraisal assessment maintenance of street lights.This research will produce a assessment standard of street light maintenance based on KPI's. The design begins by identifying the KPI 's obtained from the study of literature. KPI's that have been obtained verified the stakeholders to get the KPI's are suitable for application in Padang city. After that's done through a KPI's weighting paired comparisons using the method Analytical Hirearchy Process (AHP).The next stage of designing a assessment standards for maintenance of street lights. After that an assessment based on standardized assessments have been made. The results of the design standards of performance obtained 6 criteria and 20 indicators. The criteria obtained arequality,service, maintenance,time, facilities and costs.While the indicator obtainedare human resources and people management processes,to determine satisfaction with the overall service provided,quality assurance and community consultation processes,percentage of electrical tests (year) where fault identified, electricity supply for street lighting,percentage repairs completed within 7 days, services offered maintenance, the proportion of street lighting columns that are over 30 years old,luminous efficacy,nominal lifetime,useful life and future availability of replacement parts,total number of street lighting columns,the average time taken to repair a street lighting fault, average annual electricity consumption per street light, costs incurred for routine maintenance, average cost of maintaining street lights, the average number of daystaken to repair a street lighting fault, to measure the percentage of lights out,individual cost of night inspecting a street light andcosts incurred for non-routine maintenance. The results of assessing the performance of peis a condition of street lights maintenance performance that exists today.Based on the assessment of the performance of maintenance,the Padangcityincluding in the medium category with the value 4, 735 from the value 10. Maintenance of street lightsin Padangcity should consider costs factor to get more optimally in the future. Keyword: assessment, performance, key performance indicators, maintenance performance of street lights

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:41
Last Modified: 28 Apr 2016 03:41
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item