Dian, Fitri (2008) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
Skripsi.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2006 dan 2007. Penelitian ini menggunakan empat karakteristik perusahaan, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan ukuran dewan komisaris. Penelitian ini menggunakan indeks CSR dalam mengukur pengungkapan CSR dengan model seperti yang dikemukakan oleh Sembiring. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 8 perusahaan high profile yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling method. Pengolahan dan analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan ukuran dewan komisaris secara simultan atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan high profile. Secara parsial, ukuran perusahaan, leverage dan ukuran dewan komisaris berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR, sedangkan profitabilitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dalam laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan sampel sudah mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntasi |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 08:03 |
Last Modified: | 23 Mar 2016 08:03 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/919 |
Actions (login required)
View Item |