Wira, Variyetmi Analisa Karakteristik Perusahaan Terhadap Return dan Beta Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis & Manajemen, 4 (3). (Unpublished)
Text
Analisa_Karakteristik_Perusahaan_Terhadap_Return_dan_Beta_Perusahaan_Makanan_dan_Minuman_di_Bursa_Efek_Jakarta.docx Download (57kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris bahwa karakteristik perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap return dan beta saham pada industri Makanan dan Minuman yang listing di Bursa Efek Jakarta. Sebagai variabel independen yang digunakan adalah Earning Per Share, Dividend Payout Rasio, Current Ratio, Return on Investment dan Cyclicality. Sedangkan variabel dependennya adalah return dan beta saham. Pengujian regresi linear berganda terhadap return saham menghasilkan F-hitung sebesar 0.213 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,951 dan terhadap beta saham menghasilkan F-hitung adalah 4,748 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,010. Ini berarti bahwa secara simultan karakteristik perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada tingkat signifikansi 5%, sedangkan terhadap beta saham mempunyai pengaruh yang signifikan pada tingkat signifikansi 5%. Pengujian secara parsial dengan t-test menunjukkan bahwa tidak ada satupun variabel karakteristik perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan pada pengujian pada beta saham, saham yang mempunyai pengaruh yang signifikan pada taraf 5% hanya ROI, sedangkan variabel yang lainnya tidak berpengaruh secara signifikan. Keywords: Karakteristik perusahaan, rasio keuangan, return saham, beta saham
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 23 Mar 2016 08:11 |
Last Modified: | 23 Mar 2016 08:11 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/912 |
Actions (login required)
View Item |