TIKA, MUSTIKA DWI AGUSTIN (2012) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGANKECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA NEGERI 3 PADANG TAHUN 2012. Penelitian,Fakultas Keperawatan.
|
Text
PENELITIAN%20TIKA.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang pada remaja yang pemberitaannya masih terdengar sampai saat ini. Kenakalan remaja terjadi sebagai akibat dari kecerdasan emosional yang rendah pada remaja. Kecerdasan emosional remaja dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional remaja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 972 remaja dan sampel yang diambil sejumlah 279 remaja dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai Juli 2012 di SMA Negeri 3 Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisa dengan menggunakan distribusi frekuensi dan chi-square dengan derajat kemaknaan () = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap remaja di SMA Negeri 3 Padang adalah pola asuh otoritatif (54,8%) dan kecerdasan emosional remaja di sekolah tersebut adalah kecerdasan emosional tinggi (65,2%). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional remaja dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Kepada orang tua disarankan untuk menerapkan pola asuh otoritatif dengan karakteristik penerapan kontrol dan penerimaan yang seimbang serta menjalin komunikasi yang baik dengan remaja. Kata Kunci : pola asuh, kecerdasan emosional, remaja
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 18 Mar 2016 05:45 |
Last Modified: | 18 Mar 2016 05:45 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/68 |
Actions (login required)
View Item |