aini, Nur aini (2012) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA MAHASISWI ASRAMA UNIVERSITAS ANDALAS PADANG TAHUN 2012. Penelitian, Fakultas Keperawatan.
|
Text
HUBUNGAN%20ANTARA%20TINGKAT%20STRES%20DENGAN%20SIKLUS%20MENSTRUASI.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Stresor seperti meninggalkan keluarga dan masuk kuliah berhubungan dengan terganggunya siklus menstruasi. Aktivitas mahasiswi dan tuntutan yang tinggi akan membuat mahasiswi kelelahan fisik maupun mental yang memicu terjadinya stres. Berbagai macam perubahan emosi akibat suatu stresor telah dihubungkan dengan adanya fluktuasi hormonal selama siklus menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan siklus menstruasi pada mahasiswi asrama Universitas Andalas tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan responden sebanyak 178 orang dari populasi mahasiswi salah satu asrama putri sebanyak 320 orang. Data dikumpulkan menggunakan Student-Life Stress Inventory (SSI) dan kuesioner siklus menstruasi. Data dianalisa univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji spearman. Hasil penelitian menunjukan 75,28% responden mengalami stres sedang dan 71,91% mengalami siklus menstruasi yang normal. Terdapat hubungan yang positif dengan korelasi yang sangat lemah antara tingkat stres dengan siklus menstruasi (r = 0,179, p = 0,017). Disarankan kepada mahasiswi untuk dapat meningkatkan pengetahuan tentang siklus menstruasi dan mengendalikan stres yang berlebih dengan mempelajari teknik-teknik relaksasi, dan kepada pihak asrama diharapkan bekerjasama dengan institusi kesehatan untuk memberikan informasi tentang manajemen stres dan kesehatan reproduksi. Kata kunci : stres, siklus menstruasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 04:52 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 04:52 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/536 |
Actions (login required)
View Item |