GAMBARAN INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) ANAK USIA 7 TAHUN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI SDN 34 KOTO LAWEH DAN SDN 06 AIE ANGEK KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2012

Namia, Namia GAMBARAN INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) ANAK USIA 7 TAHUN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI SDN 34 KOTO LAWEH DAN SDN 06 AIE ANGEK KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2012. Penelitian.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL%20NAMIA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Perkembangan anak usia 7 tahun berfokus pada dunia akademik dan intelektual.Banyak faktor yang mempengaruhi IQ anak seperti faktor genetik, gizi, dan lingkungan. Paparan pestisida pralahir juga berkorelasi secara signifikan dengan IQ anak. SDN 34 Koto Laweh dan SDN 06 Aie Angek merupakan sekolah yang berada di daerah pertanian dan lebih dari separuh orangtua siswa bekerja sebagai petani. Berdasarkan data yang diperoleh dari guru bahwa nilai siswa kelas 1 SDN 34 Koto Koto Laweh mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan di SDN 06 Aie Angek mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui IQ anak usia 7 tahun dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di SDN 34 Koto Laweh dan SDN 06 Aie Angek Kabupaten Tanah Datar tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah desain deskriptif (explanatory study), populasi adalah semua siswa yang berumur 7 tahun, yaitu sebanyak 35 siswa. Semua populasi dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2011- Juli 2012. Data dikumpulkan dengan tes IQ , pengukuran status gizi, dan kuesioner dengan analisa univariat terhadap variabel IQ, status gizi, faktor lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh (68.6%) IQ siswa adalah normal, lebih dari separuh (65.7%) gizi siswa baik, hubungan orangtua-anak semuanya (100%) baik, sebagian besar (71.4%) pendidikan ibu menengah, dan sebagian besar (71.4%) status ekonomi rendah. Dapat disimpulkan bahwa IQ siswa adalah normal. Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi IQ adalah gizi, hubungan orangtua-anak, pendidikan ibu, dan ekonomi. Disarankan kepada tenaga kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan kepada orangtua untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi IQ anak, terutama gizi (asuh) dan meningkatkan kualitas hubungan orangtua-anak (asih dan asah) sehingga dapat engoptimalkan perkembangan kognitif anak. Kata kunci : IQ, anak 7 tahun, status gizi, faktor lingkungan Development of children aged 7 years, focusing on academic and intellectual world. Many factors affect the IQ of children such as genetics, nutrition, and environment. Prenatal pesticide exposure also correlated significantly with the IQ of children. SDN 34 Koto Laweh and SDN 06 Aie Angek 06 are school that located in agricultural areas and more than half of student’s parents were farmers. Based on data obtained from the teacher that the value of grade 1 students of SDN 34 Koto Koto Laweh has increased from previous years and in SDN 06 Aie Angek decreased. The purpose of this study to determine the IQ of children aged 7 years and the influence factors at SDN 34 Koto Laweh and SDN 06 Aie Angek 06 Tanah Datar 2012. This type of research is the design of descriptive (explanatory study), the population is all students aged 7 years, as many as 35 students. All populations used as research subjects. The research was conducted in November 2011 - July 2012. Data collected by IQ tests, measurement of nutritional status, and questionnaires with univariate analysis of the variables IQ, nutritional status, environmental factors. The results showed more than half (68.6%) students have normal IQ, more than half (65.7%) students nutrition were good, all students (100%) were good in parent-child relationships, the majority (71.4%) maternal education are medium, and most (71.4%) of students have low economic status. Can be concluded that student’s IQ are normal. Descriptive of the factors that affect IQ is nutrition, parent-child relationship, maternal education, and economics. It is recommended to health professionals to provide counseling to parents to pay more attention to the factors that affect the IQ of children, especially nutrition and improve the quality of parent-child relationshi so as to optimize the child's cognitive development. Key words: IQ, child 7 years old, nutritional status, environmental factors

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:32
Last Modified: 22 Mar 2016 04:32
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item