LAPORAN AKHIR SKIM RISET DASAR Analisis Dimensi Psikologis Tim Kesehatan Pasca Pandemic COVID-19 di Sumatera Barat

esi, Afriyanti LAPORAN AKHIR SKIM RISET DASAR Analisis Dimensi Psikologis Tim Kesehatan Pasca Pandemic COVID-19 di Sumatera Barat. Univeristas Andalas.

[img] Other (LAPORAN AKHIR SKIM RISET DASAR Analisis Dimensi Psikologis Tim Kesehatan Pasca Pandemic COVID-19 di Sumatera Barat)
laporan akhir penelitian a.n esi afriyanti 2020.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Sejak kemunculan infeksi coronavirus novel 2019 (2019-nCoV) 2019 di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019, infeksi ini menyebar dengan cepat ke seluruh Cina dan banyak negara lain. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama baru untuk penyakit epidemi yang disebabkan oleh 2019-nCoV yaitu penyakit coronavirus (COVID-19). Sebagai pandemic ataupun wabah, COVID-19 akan memberikan dampak psikologis pada individu. Dampak tersebut tidak hanya terjadi di masyarakat. Tenaga kesehatan garis depan termasuk perawat juga mengalami stress psikologis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Dimensi Psikologis Tim Kesehatan Pasca Pandemic COVID-19 di Sumatera Barat. Metode penelitian ini menggunakan Model penelitian Sequential Explonatory design dicirikan dengan melakukan pengumpulan data dan analisis data kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap kedua. Penelitian tahap ke-1 fokusnya hanya kepada penemuan konsep dimensi psikologis tim kesehatan pasca pandemic penyakit COVID-19. Sedangkan model desainnya (prototype) akan dilanjutkan dan diusulkan pada penelitian tahap ke-2. Penelitian dilakukan di seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang merupakan rujukan perawatan pasien COVID-19 di seluruh Indonesia. Populasi penelitian ini adalah tim kesehatan yaitu perawat yang menjadi satgas (Satuan Tugas) penanganan wabah penyakit COVID-19 yaitu perawat. Jumlah sampel yang didapat sebanyak7 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah dimensi psikologis tim kesehatan pasca pandemic COVID-19 yang terdiri dari reaksi psikologis tim kesehatan, morbiditas psikologik. Analisis menggunakan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan karakteristik sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (85,7%) dan berpendidikan terakhir adalah DIII (85,7%), mempunyai umur rata 28 tahun dengan standar deviasi 2,944. Sedangkan untuk lama menjadi satuan tugas penanganan covid rata-rata 2,71 tahun dengan nilai tertinggi 3 tahun dan nilai terendah 3 tahun. Rata-rata gangguan psikologis pada perawat yang pernah menjadi tim kesehatan penanganan covid berada di nilai 1 dengan standar deviasi sebesar 0,816. Reaksi psikologis jangka panjang dari perawat yang pernah menjadi tim kesehatan penanganan covid-19 seluruhnya berada dalam gejala post trauma sindromatik. Disarankan untuk melanjutkan penelitian ini dengan uji kualitatif sehingga dapat ditelusuri penyebab gangguan reaksi psikologis pada perawat yang pernah menjadi satuan tugas penanganan covid-19.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Mr Vindi Adiguna
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:36
Last Modified: 28 Apr 2023 04:36
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/49963

Actions (login required)

View Item View Item