Penerapan Metode Project Based Learning melalui Presentasi Blog dan Simulasi

Darwison, Darwison (2016) Penerapan Metode Project Based Learning melalui Presentasi Blog dan Simulasi. Prosiding SEMINAR NASIONAL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI (SNPPT). pp. 144-150. ISSN 978-602-60613-0-0

[img] Text
Penerapan Metode Project Based Learning melalui Presentasi Blog dan Simulasi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penerimaan tenaga kerja saat ini yang membutuhkan soft skills disamping kompetensi yang sesuai maka perlu dikembangkan Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan cara Student Centre Learning (SCL). SCL dengan metoda Project Based Learning (PjBL) yang menekankan pada presentasi melalui blog dan simulasi sehingga dapat memunculkan kegairahan mahasiswa dalam persiapan belajar. Penilaian mahasiswa berdasarkan blog dan simulasi disamping secara hard skills seperti penyajian materi perkuliahan untuk Tugas, UTS, UAS, Latihan, serta Kuis tetapi juga dinilai secara soft skills. Dengan memakai metoda SCL-PjBL melalui blog dan simulasi dalam PBM akan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Disamping mahasiswa harus siap dalam hal materi kuliah melalui blog dan simulasi yang akan dipresentasikannya juga dosen lebih tertantang untuk mengkoreksi akan kebenaran materi presentasi tersebut. Sebagai hasil perbaikan PBM maka didapatkan penilaian matakuliah yang menerapkan metoda SCL-PjBL melalui blog dan simulasi yaitu rata-rata nilai hard skills sebesar 35,2 dari 60% penilaian dan rata-rata nilai soft skills sebesar 24,25 dari 40% penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Centered Learning, Project Based Learning, hard skills, soft skills, blog, simulasi dan Penilaian
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Merry Nursanti
Date Deposited: 23 Mar 2023 22:58
Last Modified: 26 Mar 2023 10:59
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/49570

Actions (login required)

View Item View Item