Pengembangan Metode Pembelajaran Mikroprosesor dan Antarmuka Menggunakan Metode Project Based Learning

Darwison, Darwison (2015) Pengembangan Metode Pembelajaran Mikroprosesor dan Antarmuka Menggunakan Metode Project Based Learning. Prosiding SEMINAR NASIONAL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI (SNPPT). pp. 190-197. ISSN 978-602-9081-14-5

[img] Text
Pengembangan Metode Pembelajaran Mikroprosesor Dan Antarmuka Menggunakan Metode Project Based Learning.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Dengan hasil ujian yang bagus dari Proses Belajar Mengajar (PBM) maka dapat diartikan bahwa PBM berhasil. Tujuan PBM adalah mentransfer ilmu dari dosen ke mahasiswa yang biasanya disebut PBM dengan metoda Teacher centre learning (TCL). Dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu cepat saat ini dan kriteria penerimaan tenaga kerja yang membutuhkan soft skills maka proses PBM dengan cara TCL tidak sesuai lagi. Dengan penerapan Student Centre Learning (SCL) yang menekankan pada metoda Project Based Learning (PjBL) pada PBM maka penilaian tidak hanya secara hard skills (seperti Tugas, UTS, UAS, Latihan, Kuis, presentasi kelompok dan Tugas Besar) tetapi juga dinilai berdasarkan softskills mahasiswa. Dengan memakai metoda SCL-PjBL dalam PBM akan dapat meningkatkan penyerapan ilmu yang maksimal ke mahasiswa. Disamping mahasiswa harus siap dalam hal materi kuliah yang akan dipresentasikan juga dosen lebih tertantang untuk lebih siap karena dengan metoda SCL-PjBL membuat dosen lebih banyak sebagai fasilitator. Hasil penilaian matakuliah Mikroprosesor dan Antarmuka dengan penerapan metoda SCL-PjBL untuk 56 mahasiswa pada tahun ajaran 2014/2015 didapatkan rata�rata nilai soft skills sebesar 63% dari 40% penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Centered Learning, Teacher Centre Learning, Project Based Learning , soft skills, dan Penilaian
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Merry Nursanti
Date Deposited: 23 Mar 2023 22:57
Last Modified: 26 Mar 2023 11:00
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/49569

Actions (login required)

View Item View Item