Pengembangan Antarmuka Portal Universitas untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Muluk, Asmuliardi and Arief, Ikhwan and Indrapriyatna, Ahmad Syafruddin and Falevy, Mahira (2021) Pengembangan Antarmuka Portal Universitas untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 5 (6). pp. 1052-1061. ISSN 2580-0760

[img]
Preview
Text
PengembanganAntarmuka Portal Universitas untuk MeningkatkanPengalaman Pengguna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (752kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/v...

Abstract

Teknologi telah berkembang sangat pesat guna membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Manusia, sebagai pengguna berinteraksi melalui antarmuka yang disebut dengan user interface (UI), dan pengalaman yang dirasakan pengguna disebut dengan user experience (UX). UI dan UX tidak dapat dipisahkan karena user interface yang baik akan menghasilkan user experience yang baik. Portal Unand merupakan aplikasi berbasis web yang memiliki segala informasi akademik untuk mahasiswa. Survei awal dilakukan untuk mengetahui pendapat mahasiswa mengenai Portal Unand. Mahasiswa mempunyai beberapa keluhan terhadap Portal Unand yang disebabkan oleh web yang tidak responsive, desain yang kuno, fitur yang tidak ditonjolkan, dll. Oleh sebab itu, pengalaman pengguna dalam menggunakan Portal Unand tidak begitu memuaskan. Pada penelitian ini dilakukan perancangan ulang dengan menggunakan metode design thinking. Penelitian dimulai dengan berempati dengan pengguna hingga menguji prototipe kepada pengguna dengan melakukan usability testing. Setelah prototipe selesai, usability testing dilakukan dengan menggunakan Maze dan System Usability Scale (SUS). Skor dari usability testing adalah 84 dimana skor tersebut terdapat dalam rentang tinggi. Skor SUS adalah 83,33 yang masuk kedalam kategori A dan dapat diterima. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe usulan yang memenuhi aspek usability, yaitu efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna. Aspek efektivitas dan efisiensi dilihat berdasarkan skor Maze yaitu 84, dan aspek kepuasan pengguna dilihat berdasarkan skor SUS yaitu 83,33.

Item Type: Article
Additional Information: Authors' self-archive as licensed by the journal from this address: http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/lisensi
Uncontrolled Keywords: design thinking, responsiveness, usability testing, user interface, user experience
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Administrator LPTIK
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:00
Last Modified: 06 Jan 2022 02:00
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/44277

Actions (login required)

View Item View Item