IDENTIFIKASI DAN SELEKSI UMBI WORTEL VARIETAS LOKAL SEBAGAI SUMBER BENIH TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) DI KABUPATEN SOLOK

Sari, Winda Purnama and Erona S, Meisilva IDENTIFIKASI DAN SELEKSI UMBI WORTEL VARIETAS LOKAL SEBAGAI SUMBER BENIH TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) DI KABUPATEN SOLOK. [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR WINDA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanaman wortel merupakan salah satu sayuran akar yang potensial untuk dikembangkan karena memiliki banyak manfaat sehingga permintaan wortel terus meningkat dan harga jual yang tinggi. Kabupaten Solok merupakan daerah yang potensial untuk pengembangan dan sentra wortel di Sumatera Barat, karena memiliki letak geografis, suhu dan curah hujan yang cocok untuk budidaya tanaman wortel. Walaupun demikian dalam budidaya wortel di Kabupaten Solok tidak terlepas dari permasalahan budidaya seperti harga benih yang mahal dan kurangnya ketersediaan benih bermutu, sehingga biasanya petani hanya menggunakan benih yang mereka dapat dari pertanaman wortel abnormal dan benih asalan yang menyebabkan terjadinya penurunan hasil dan mutu tanaman. Berdasarkan permasalahan perbenihan yang dihadapi oleh petani maka perlu dicari solusi agar hasil wortel yang dibudidayakan petani bisa meningkat. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk memperoleh informasi lokasi pertanaman wortel di Kabupaten Solok; (2) untuk memberikan informasi kepada petani dalam menentukan jenis umbi yang baik sebagai bahan perbanyakan (3) Dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi wortel oleh petani. Pelaksanaan penelitian di mulai dengan survey lokasi dan wawancara petani serta pengambilan sampel untuk identifikasi, seleksi dan studi pustaka. Selanjutnya umbi wortel dibudidayakan sampai berbunga dan menghasilkan biji. Dilakukan pengamatan terhadap variabel respon dan variabel hasil benih wortel. Rencana luaran penelitian di tahun ke-1 adalah artikel ilmiah yang disampaikan pada seminar nasional dan dipublikasikan pada prosiding.

Item Type: Experiment
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S.P.,M.P Rachmad Hersi Martinsyah
Date Deposited: 13 Jul 2021 00:04
Last Modified: 13 Jul 2021 00:04
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/42406

Actions (login required)

View Item View Item