Keanekaragaman Hayati Kecombrang (Etlingera Elatior) Dikabupaten Solok Sebagai Sumber Pangan Dan Obat Herbal Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh Pada Masa Pandemi Covid-19

Rachmad Hersi Martinsyah, Rachmad HM and Nugraha Ramadhan, Nugraha R and Irfan Suliansyah, Irfan S (2020) Keanekaragaman Hayati Kecombrang (Etlingera Elatior) Dikabupaten Solok Sebagai Sumber Pangan Dan Obat Herbal Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh Pada Masa Pandemi Covid-19. LPPM UNAND. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Kecombrang.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Other (PDF)
Kecombrang.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only until 12 May 2021.

Download (1MB)

Abstract

Kecombrang merupakan salah satu tanaman rempah yang digunakan sebagai bahan pangan dan obat tradisional yang kaya akan antioksidan. Walaupun demikian keberadaan tanaman ini setiap tahun semakin berkurang terutama di kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat. Sehingga perlu dilakukan eksplorasi dan identifikasi morfologi tanaman kecombrang yang ada di kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian adalah untuk menjaga plasma nutfah tanaman kecombrang sebagai bahan baku pangan dan obat herbal serta mengetahui keragaman morfologi dan tingkat similaritas tanaman kecombrang (Etlingera elatior) sebagai informasi awal konservasi pelestarian plasma nutfah tanaman kecombrang di Sumatera Barat. Penelitian dilakukan dengan cara eksplorasi dan dianalisis kluster kemiripan dengan aplikasi minitab 16. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan plasma nutfah dan mempelajari karakter morfologi dan tingkat kemiripannya tanaman kecombrang yang ada di kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat. Hasil eksplorasi didapatkan 20 aksesi tanaman kecombrang yang berasal dari 8 lokasi yang ada di kabupaten Solok. Hubungan kekerabatan atau tingkat kemiripan didapatkan 4 kluster. Nilai kemiripan yang didapatkan yaitu 33,33 -100 yang artinya kemiripan yang paling tinggi yaitu 100% dan paling rendah 33,33 %.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.P.,M.P Rachmad Hersi Martinsyah
Date Deposited: 08 Feb 2021 01:46
Last Modified: 08 Feb 2021 01:46
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/39393

Actions (login required)

View Item View Item