UJI SEMI LAPANG EKSTRAK KULIT BUAH KABAU (Archidendron microcarpum) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK MENGENDALIKAN Crocidolomia pavonana

Obel, O and Dwinardi Apriyanto, DA and Tunjung Pamekas, TP (2019) UJI SEMI LAPANG EKSTRAK KULIT BUAH KABAU (Archidendron microcarpum) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK MENGENDALIKAN Crocidolomia pavonana. Semnas Hasil Pertanian IX. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnastan IX UGM 2019 - rev 01-halaman-1,241-245.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview

Abstract

Crocidolomia pavonana merupakan salah satu hama utama pada tanaman famili Brassicaceae yang keberadaannya dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil yang diperoleh sehingga perlu dikendalikan. Salah satu alternatif pengendalian yang efektif dan ramah lingkungan adalah dengan penggunaan insektisida nabati. Tumbuhan kabau diketahui berpotensi sebagai insektisida nabati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan potensi kulit buah kabau pada semilapang dan fitotoksisitasnya pada tanaman budidaya. Penelitian ini dilaksanakan Rumah Plastik di Kelurahan Simpang Nangka, Kabupaten Rejang Lebong pada bulan September - Februari 2017. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu uji semi lapang dan uji fitotoksitas. Rancangan percobaan yaitu Rancangan Acak Lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insektisida kulit buah kabau disemi lapang pada konsentrasi 2.0% mampu mematikan larva C. pavonana sebesar 52,22% dengan rata-rata berat krop kubis 1307,78g. Ekstrak kulit buah kabau tidak menunjukkan gejala fitotoksisitas terhadap tanaman kubis.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Obel Obel
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:43
Last Modified: 16 Feb 2021 01:43
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/39198

Actions (login required)

View Item View Item