Nofendra, Riko (2009) Perancangan Pengendali Modus Luncur untuk Motor Induksi. Artikel Ilmiah Penelitian Dosen Muda.
Text
ARTIKEL_DIPA_RIKO_NOVENDRA_2009.doc Download (351kB) |
Abstract
Metode modus luncur dikembangkan untuk memecahkan masalah dalam sistem kendali yang timbul akibat adanya ketidakakuratan dalam pemodelan sistem. Salah satu pendekatan dalam merancang pengendali modus luncur (PML) adalah pembagian struktur PML menjadi dua bagian, yaitu: bagian kontinyu (disebut kendali ekivalen, ueq) dan bagian tak kontinyu (bagian tersaklar, uN). Ada lima bentuk persamaan uN yang dipakai, yang masing-masingnya selanjutnya mewakili satu jenis PML. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja kelima jenis PML tersebut, yang dilakukan melalui aplikasinya pada pengendalian motor induksi. Parameter-parameter yang dijadikan sebagai ukuran kualitas dari kinerja pengendali adalah: besarnya masukan kendali dan penguatan yang dibutuhkan, kecepatan respon sistem (ts), dan besarnya galat kondisi tunak (ess) pada keluaran. Aspek lain yang juga diteliti adalah kekokohan (robustness) dari PML. Dari hasil-hasil simulasi menggunakan kode MATLAB, terlihat bahwa untuk menentukan jenis PML yang memberikan respon pengendalian terbaik, perlu terlebih dahulu ditentukan aspek kinerja sistem yang menjadi prioritas. Hal ini disebabkan karena adanya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing pengendali. Selain itu, dari hasil simulasi juga terlihat bahwa kekokohan merupakan sifat yang dimiliki oleh PML. Terbukti dengan kestabilan sistem yang tetap terjaga dalam perubahan kondisi sistem yang cukup besar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 30 May 2016 03:26 |
Last Modified: | 30 May 2016 03:26 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/3535 |
Actions (login required)
View Item |