PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI MINYAK ATSIRI BUNGA MAWAR TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN KLINIK DI PSIK FK-UNAND TAHAP PROFESI TAHUN 2012

Wahyuni, Sri (2014) PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI MINYAK ATSIRI BUNGA MAWAR TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN KLINIK DI PSIK FK-UNAND TAHAP PROFESI TAHUN 2012. Penelitian, fakultas keperawatan.

[img]
Preview
Text
PENGARUH%20PEMBERIAN%20AROMATERAPI%20MINYAK%20ATSIRI%20BUNGA%20MAWAR%20TERHADAP%20TINGKAT%20STRES%20MAHASISWA%20DALAM.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Stres sering dialami oleh mahasiswa keperawatan saat pembelajaran klinik. Salah satu intervensi untuk mengurangi stres adalah terapi non farmakologi menggunakan aromaterapi bunga mawar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi bunga mawar terhadap tingkat stres mahasiswa dalam pembelajaran klinik di PSIK FK-UNAND tahap profesi tahun 2012. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen menggunakan desain pretest dan posttest one group yang berjumlah 20 responden. Analisa data menggunakan wilcoxon signet ranged. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Percieved Stress Scale. Hasil pretest menunjukan sebanyak 20 responden mengalami stres tingkat sedang dan posttest sebanyak 20 responden mengalami stres tingkat ringan. Terdapat pengaruh pemberian aromaterapi minyak atsiri bunga mawar terhadap tingkat stres mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran klinik tahap profesi dengan nilai 0,000 (p < 0,05). Disarankan mahasiswa yang mengalami stres dapat menggunakan aromaterapi minyak atsiri bunga mawar, agar resiko lanjut dari stres yang dialami mahasiswa dapat dicegah dan secara tidak langsung juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa. Kata kunci: Stres, Pembelajaran Klinik, Aromaterapi.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 21 Mar 2016 05:23
Last Modified: 21 Mar 2016 05:23
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item