MINIMASI CACAT PRODUK KERAMIK MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI KOMPLAIN PELANGGAN

Risman, Yossy (2014) MINIMASI CACAT PRODUK KERAMIK MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI KOMPLAIN PELANGGAN. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
IMG.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

PT Muliakeramik Indahraya merupakan produsen keramik Indonesia yang memiliki kekuatan lmage sebagai anggota Mulia Industrindo yang menjadi andalan mereka dalam men-sembangkan usaha dan bersaing dengan produk kompetitor. Menghasilkan produk yang berkualitas merupakan runtutan bagi perusahaan seiring dengan semakin ketatnya persaingan dan persyaratan pelanggan. Namun hal ini belum mampu dipenuhi perusahaan dengan adanya cacat produk yang menimbulkan komplain pelanggan sebesar 0,6% total produksi. Cacat merupakan salah satu bentuk kegagalan perusahaan yang mengakibatkan ketidakkepuasan pelanggan dan kerugian perusahaan akibat biaya penanganan. Selama 3 tahun terakhir perusahaan menderita kerugian sebesar Rp. 3.656.916.270,- akibat kasus ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:30
Last Modified: 28 Apr 2016 03:30
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item