“Kajian LeksikonYang (Hampir) Hilang Bahasa Minangkabau: Pendokumentasian sebagai Upaya Revitalisasi Bahasa dan Budaya (Lanjutan)”

RENIWATI, RENIWATI and Khanizar, Khanizar “Kajian LeksikonYang (Hampir) Hilang Bahasa Minangkabau: Pendokumentasian sebagai Upaya Revitalisasi Bahasa dan Budaya (Lanjutan)”. FIB Andalas University. (Unpublished)

[img] Text
IDENTIFIKASI DAN RINGKASAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only until 30 December 2020.

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Bilingual, ketirisan diglosia, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta era global dapat membawa pengaruh buruk pada perkembangan bahasa, termasuk bahasa Minangkabau. Bahasa daerah ini mengalami perubahan. Salah satu bentuk perubahan itu adalah hilangnya kata. Fakta bahasa sudah mengindikasikan terjadinya hal demikian apalagi bahasa Minangkabau yang digunakan oleh masyarakat kota, yaitu Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi medan makna yang telah mengalami pergantian dan penghilangan leksikon; 2) mengidentifikasi medan makna yang rentan akan mengalami pergantian dan penghilangan; 3) mendeskripsi bentuk dan makna leksikon yang telah dan akan mengalami dan pergantian dan penghilangan; dan 4) menjelaskan penyebab terjadinya pergantian dan penghilangan leksikon. Adapun target khusus penelitiannya adalah terdokumentasinya leksikon yang (hampir) hilang dalam bentuk sebuah daftar leksikon. Daftar leksikon ini akan menjadi bahan dalam pembuatan kamus yang khusus memuat leksikon yang (hampir) hilang tersebut. Penelitian ini akan menggunakan metode cakap dengan teknik dasar pancing dan teknik lanjut teknik cakap semuka (wawancara), teknik rekam, dan teknik catat. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan. Metode padan yang digunakan adalah metode padan translasional dan referensial dengan teknik dasar teknik pilah unsur penentu dan teknik lanjutan teknik hubung banding membedakan.Data dikumpulkan di lapangan, tepatnya di daerah pinggir Kota Padang. Informannya adalah anggota masyarakat yang berumur 60-80 tahun. Data yang terkumpul ini akan diujikan kepada orang muda untuk mendapatkan data dan informasi tentang tahu/terpakai tidaknya leksikon yang (hampir) hilang tersebut di kalangan mereka. Setelah data dianalisis dengan teori lekskologi, kemudian dilanjutkan dengan kerja pembuatan kamus yang merupakan wilayah kerja leksikografi.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Mrs Reniwati R
Date Deposited: 30 Jul 2020 16:37
Last Modified: 30 Jul 2020 16:37
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/33275

Actions (login required)

View Item View Item