ANALISIS PERFORMANSI DISTRIBUSI SEMEN CURAH PT. SEMEN PADANG MELALUI JALUR LAUT DENGAN PENDEKATAN SIMULASI

Muluk, Asmuliardi and Fahmi, Ramadhani (2014) ANALISIS PERFORMANSI DISTRIBUSI SEMEN CURAH PT. SEMEN PADANG MELALUI JALUR LAUT DENGAN PENDEKATAN SIMULASI. TEKNIKA UNAND, 1 (28). 0854-8471.

[img]
Preview
Text
30-35_jurnal_Asmuliardi_Muluk_untuk_Teknika_28-1.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Pendistribusian semen curah PT Semen Padang 70 % melalui jalur laut yang menggunakan kapal sewaan ke tiga daerah tujuan pemasaran local yaitu DKI, Batam dan Medan serta untuk kebutuhan ekspor. Saat kedatangan kapal di pelabuhan muat yaitu Teluk Bayur kapal mengidentifikasi keadaan dermaga, apabila dermaga muat sedang melayani kapal lain, maka kapal harus mengunggu di pilot station sampai dermaga berada dalam keadaan kosong.Kedatangan kapal curah sewaan PT Semen Padang bisa dijadwalkan sedangkan kedatangan kapal bag dan kapal curah eksor tidak bisa dijadwalkan. Hal ini menyebabkan besarnya adanya waktu tunggu masing-masing kapal di pelabuhan muat sebab tidak adanya kepastian dalam kedatangan kapal. Waktu tunggu kapal yang besar untuk masing-masing kelas kapal yang memiliki tonase yang berbeda-beda menyebabkan tidak tercapainya jumlah trip yang diinginkan perusahaan sehingga pasokan semen untuk daerah tujuan pemasaran tidak terpenuhi. Adanya sistem yang bersifat probabilistik dalam permasalahan ini yaitu kedatangan kapal ekspor dan bag yang tidak dapat dijadwalkan atau secara random maka untuk menyelesaikan permasalahan ini digunakan metode simulasi. Simulasi dimulai dengan pembuatan model konseptual, model logika, verifikasi, validasi hingga perancangan eksperimen sehingga mendapatkan solusi alternative yang lebih baik. Setelah simulasi dijalankan sesuai dengan keadaan aktual setelah itu dibangkitkan beberapa skenario perancagan percobaan. Skenario dibangkitkan dengan melakukan penugasan kapal curah ke tiga daerah tujuan pemasaran dan penambahan dermaga muat yaitu Tuban. Dari hasil skenario didapatkan penugasan kapal: dua kapal ke DKI, tiga kapal ke Medan dan dua kapal ke Batam dengan penambahan satu dermaga muat yaitu Tuban. Dengan menggunakan skenario bisa meminimalkan rata-rata waktu tunggu masing-masing kapal sebesar 12 % dan memaksimalkan rata-rata jumlah trip kapal sebesar 22 %. Kata Kunci: waktu tunggu, jumlah trip, probabilitas, metode simulasi, perancagan percobaan

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:32
Last Modified: 26 Apr 2016 02:32
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item