PEMBUATAN DAN PENGUJIAN MODEL TANGGUL PEMANEN ENERGI KINETIK SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN MEKANISME GETARAN DAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

ESMAN, M TAUFIK (2014) PEMBUATAN DAN PENGUJIAN MODEL TANGGUL PEMANEN ENERGI KINETIK SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN MEKANISME GETARAN DAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK. Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab%201.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

SARI Munculnya krisis energi konvensional sebagai permasalahan global dewasa ini serta meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor yang sebanding dengan peningkatan aktivitas di jalan raya telah memunculkan suatu tantangan dan peluang baru. Tantangan muncul dari bagai mana mengurangi ketergantungan akan energi konvensional dengan mencari sumber energi baru serta peluang yang bisa dimanfaatkan dari besarnya aktivitas kendaraan di jalan raya. Pada tugas akhir ini, sebuah model pembangkit listrik yang mengadopsi bentuk tanggul jalan direkayasa secara mekanik sebagai sebuah sistem pemanen energi kinetik dari tumbukan kendaraan yang melaluinya. Komponen tanggul berupa massa tanggul yang ditumpu dengan pegas, dipasangkan empat buah generator linier dengan posisi tertentu di bagian bawahnya. Bagian atas tanggul yang dibuat lebih tinggi dari permukaan jalan memudahkan kendaraan mengeksitasi sistem dan menghasilkan getaran. Eksitasi sekaligus ikut menggetarkan subsistem generator yang terdiri dari massa magnet yang ditumpu pegas serta lilitan kawat konduktor. Pergerakan osilasi massa magnet menghasilkan induksi elektromagnetik sehingga menghasilkan energi listrik. Pengujian dilakukan dengan simulasi lindasan satu sepeda motor. Perhitungan numerik dari model sistem menunjukan bahwa pembangkit memanen energi maksimal pada frekuensi 16,42 Hz. Pada pengujian, frekuensi generator terekam sebesar 17.5 Hz, 18 Hz, 19 Hz, dan 21 Hz. Tegangan listrik maksimum yang terpanen generator adalah 2,5 Volt dengan daya bangkitan sebesar 8,9 x 10-3 Watt. Sedangkan tegangan total yang terpanen dari keempat generator sebesar 7,92 Volt dan daya bangkitan total sebesar 2,3 x 10-2 Watt. Adapun faktor yang mempengaruhi besarnya energi yang dihasilkan adalah kecepatan gangguan akibat tumbukan yang diberikan kendaraan. Kata kunci : Pemanen energi, tanggul jalan, generator linier, getaran, induksi elektromagnetik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:29
Last Modified: 20 Apr 2016 07:29
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item