Perancangan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Bisnis Pencucian Mobil dengan Memanfaatkan Teknologi QR Code (Studi Kasus : Oto Pro Car Wash & Detailling Padang)

Ricky Akbar, M.Kom and Meza Silvana, MT and Aulia Fikri Alizar, S.Kom (2019) Perancangan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Bisnis Pencucian Mobil dengan Memanfaatkan Teknologi QR Code (Studi Kasus : Oto Pro Car Wash & Detailling Padang). Posiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (Semnastek) 2019. ISSN 2407-1846

[img] Text
31. Semnastek UMJ Jakarta 2019-Ricky Akbar-Meza Silvana-Aulia Fikri Alizar.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/issue...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan aplikasi pembayaran non tunai (cashless) pada salah satu tempat pencucian mobil di Kota Padang. Melihat perkembangan teknologi digital saat ini khususnya transaksi keuangan, begitu banyak pelaku bisnis memanfaatkan berbagai layanan aplikasi non tunai terutama dalam hal pembayaran. Pada penelitian ini diambil kasus salah satu tempat pencucian mobil di kota Padang yaitu OtoPro Car Wash & Detailling. Perusahaan ini merupakan salah satu usaha yang bergerak pada proses pencucian dan salon mobil di kawasan Kota Padang. Proses pendaftaran dan pembayaran pencucian mobil merupakan salah satu kegiatan proses bisnis yang dilakukan oleh OtoPro Car Wash & Detailling. Proses ini dilakukan oleh pelanggan dan dikelola oleh kasir. Namun dalam penerapannya masih dilakukan secara manual terutama pada bagian pendaftaran dan pencatatan, yaitu masih menggunakan kertas dan berbagai blangko yang diisi ketika bertransaksi. Pada proses pembayaran masih dilakukan secara tunai dan belum memiliki program membership sehingga membuat karyawan cukup kerepotan dalam melakukan perhitungan jumlah transaksi dan pengembalian uang setelah melakukan pembayaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall. Tahapan metode waterfall ini meliputi analysis, design, coding, dan testing. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pembayaran non tunai dengan memanfaatkan teknologi QR Code yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada pengelolaan pencucian mobil OtoPro Car Wash & Detailling Padang.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Ricky Akbar
Date Deposited: 13 Jan 2020 16:16
Last Modified: 13 Jan 2020 16:16
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/30389

Actions (login required)

View Item View Item