Pendekatan dan Metode Penyuluhan dalam Diseminasi Inovasi Inseminasi Buatan (IB) pada Usaha Peternakan Sapi Potong di Kecamatan Pauh, Kota Padang

Anas, Amrizal and Heriyanto, Edwin Pendekatan dan Metode Penyuluhan dalam Diseminasi Inovasi Inseminasi Buatan (IB) pada Usaha Peternakan Sapi Potong di Kecamatan Pauh, Kota Padang. Universitas Andalas. (In Press)

[img]
Preview
Text (Laporan Akhir penelitian Dipa Fak. 2019-Amrizal Anas)
Laporan Akhir Penelitian DIPA Pak Am.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kontrak penelitian Dipa Fakultas tahun 2019)
NO .KONTRAK PENELITIAN 2019.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Kebijakan penyuluhan pertanian sub sektor peternakan adalah substansi pokok yang diturunkan dalam sala satu poin Renstra penelitian universitas Andalas , untuk itu perlu ditindaklanjuti dengan melakukan riset yang berkelanjutan dalam jangka panjang sesuai dengan topik yang tertera dalam Renstra Penelitian tersebut. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini merujuk dari Renstra penelitian Universitas Andalas adalah melihat konsistensi kegiatan penyuluhan pertanian/peternakan dalam membangun usaha peternakan rakyat yang mandiri serta moderen berlandaskan inovasi. Tujuan khusus jangka pendek adalah untuk melihat pendekatan dan metode yang digunakan oleh penyuluh dalam diseminasi inovasi Inseminasi Buatan (IB) pada peternak sapi potong. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah Kecamatan Pauh Kota Padang, dimana daerah ini merupakan daerah perwakilan sebagai sentra peternakan sapi potong di Kota Padang dan Kota Padang merupakan pusat pemerintahan dari Provinsi Sumatera Barat. Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan pendekatan observasi, wawancara dengan anduan kuisioner. Populasi adalah Rumah Tangga Peternak (RTP) yang ada di Kecamatan Pauh, jumlah sampel ditetapkan dengan teknik Cluster Random Sampling, dasar pengklasteran sampel adalah daerah kelurahan dengan jumlah RTP terbesar, RTP sedang dan RTP kecil, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 23 RTP. Analisis data secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan skala likert, dan persentase rataan skor dibandingkan dengan kategori ditjenak tahun1992 (Kategori baik, sedang dan kategori kurang) Penelitian menunjukan hasil bahwa dalam melakukan diseminasi inovasi Inseminasi Buatan (IB) pada peternak sapi potong di Kota Padang, penyuluh belum optimal menerapkan metode penyuluhan dan pendekatan penyuluhan, dimana penerapan metode dan pendekatan penyuluhan berada pada kategori kurang.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ediset Ediset
Date Deposited: 13 Jan 2020 16:32
Last Modified: 13 Jan 2020 16:32
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/30266

Actions (login required)

View Item View Item