Indeks Kepuasan Peternak Terhadap Kegiatan Penyuluhan Inovasi Inseminasi Buatan (IB) Pada Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Padang Pariaman

Ediset, Ediset and Madarisa, Fuad Indeks Kepuasan Peternak Terhadap Kegiatan Penyuluhan Inovasi Inseminasi Buatan (IB) Pada Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Padang Pariaman. Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Laporan Akhir Penelitian Dipa Fakultas 2019)
Laporan Akhir penelitian dipa ediset 2019.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Nomor Kontrak Penelitian Dipa Fakultas tahun 2019)
NO .KONTRAK PENELITIAN 2019.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini merujuk dari Renstra penelitian Universitas Andalas adalah lahirnya kebijakan penyuluhan yang dapat mengakomodasi kebutuhan peternak dan menjawab permasalahan yang dihadapi oleh peternak, yang di fokuskan pada kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh pada peternak. Target khusus yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui metode penyuluhan dan melihat indeks kepuasan peternak terhadap kegiatan penyuluhan sebagai wujud dari suatu bentuk pelayanan publik, terutama pelayanan penyuluh terhadap peternak sapi potong terkait mengintroduksikan inovasi Inseminasi Buatan (IB) di Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Pelaksanaan penelitian selama 6 bulan yang dilakukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan metode survey dan pendekatan analisa data sekunder, populasi adalah Rumah Tangga Peternak (RTP) yang memelihara ternak sapi potong di daerah penelitian. jumlah sampel ditetapkan dengan teknik Quota Sampling, yaitu sebanyak 30 RTP atas dasar kehomogenan karena sama sama mendapatakan program penyuluhan tentang inovasi IB. Data yang dikumpulkan adalah data primer dengan bantuan kuisioner dan data sekunder dengan studi kepustakaan serta dinas terkait. Analisis data secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian adalah peternak sudah menerapkan metode penyuluhan dengan baik,namun kurang melakukan pendekatan pada peternak sapi potong dalam melakukan kegiatan penyuluhan dan kepuasanan peternak terhadap pelayanan penyuluh dalam kegiatan penyuluhan inovasi Inseminasi Buatan (IB) sudah berada pada kategori puas. Luaran penelitian adalah kebijakan lembaga penyuluhan dengan metode dan pendekatan yang relevan dengan peternak sasaran, sehingga kegiatan penyuluhan tersebut dapat memberikan kepuasan pada peternak. Luaran lainnya adalah publikasi melalui jurnal dan seminar nasional.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ediset Ediset
Date Deposited: 13 Jan 2020 16:32
Last Modified: 13 Jan 2020 16:32
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item View Item