PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT STRES PADA REMAJA KELAS XII IPA 1 DAN XII IPA 6 DI SMA NEGERI 7 PADANG TAHUN 2010

FITRIA, DIAN (2010) PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT STRES PADA REMAJA KELAS XII IPA 1 DAN XII IPA 6 DI SMA NEGERI 7 PADANG TAHUN 2010. Penelitian, Fakultas Keperawatan.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Remaja pada usia 15-18 tahun mengalami banyak perubahan secara kognitif, emosional, sosial, dan berpikir lebih kompleks yang merupakan stressor bagi remaja. Salah satu metode penanganan stres yang dapat digunakan adalah Senam Otak (Brain Gym). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh senam otak terhadap tingkat stres pada remaja kelas XII IPA 1 dan XII IPA 6 di SMA Negeri 7 Padang. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dan menggunakan penelitian Quasi-Eksperimen (pretest-posttest) dengan sampel penelitian sebanyak 16 orang kelompok eksperimen dan 18 orang kelompok kontrol. Pengukuran tingkat stres dilakukan dengan menggunakan lembar Student-Life Stress Inventory (SSI). Analisa statistik yang digunakan yaitu Uji Wilcoxon dan Mann-Whiteney. Hasil penelitian terdapat penurunan tingkat stres yang bermakna pada kelompok eksperimen, p=0,000, tidak terdapat terdapat penurunan tingkat stres yang bermakna pada kelompok kontrol, p=0,083, dan terdapat pengaruh senam otak yang bermakna antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, p= 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh senam otak terhadap tingkat stres pada remaja kelas XII IPA 1 dan XII IPA 6 di SMA Negeri 7 Padang. Saran dari penelitian ini diharapkan agar senam otak dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengurangi atau menurunkan tingkat stres yang dialami oleh remaja. Kata kunci : Tingkat Stres, Remaja, Senam otak

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 21 Mar 2016 02:59
Last Modified: 21 Mar 2016 02:59
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item