PENGARUH PEMBERIAN CMA (CENDAWAN MIKORIZA ARBUSKULA) DAN DOSIS PUPUK N, P DAN K PADA LAHAN KRITIS BEKAS TAMBANG BATUBARA TERHADAP KANDUNGAN MINERAL MAKRO RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) CV. TAIWAN

Evitayani, Evitayani and Khalil, Khalil and Dirgantara, Edi and Lidra, Muhammad and Yolanda, Yolanda (2014) PENGARUH PEMBERIAN CMA (CENDAWAN MIKORIZA ARBUSKULA) DAN DOSIS PUPUK N, P DAN K PADA LAHAN KRITIS BEKAS TAMBANG BATUBARA TERHADAP KANDUNGAN MINERAL MAKRO RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) CV. TAIWAN. In: Seminar Nasional III Himpunan Ilmuwan Tumbuhan Pakan Indonesia (HITPI), October 28-29, 2014, Bukittinggi.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL III HITPI Khalil2.pdf

Download (533kB) | Preview
Official URL: http://hitpi.org/Publikasi/prosiding-seminar-nasio...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan CMA dan pupuk N, P dan K terhadap kandungan mineral makro pada lahan kritis bekas tambang batubara. Perlakuan yang diberikan terdiri dari A = 100% pupuk N, P dan K tanpa CMA, B = 100% pupuk N, P dan K + CMA, C = 75% pupuk N, P dan K + CMA, D = 50% pupuk N, P dan K + CMA, dan E = 25% pupuk , P dan K + CMA. Analisa data menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 5 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati adalah kandungan mineral makro (P, Ca, Mg dan S). Hasil analisis RAK dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh antar perlakuan berbeda tidak nyata (P>0.05) terhadap kandungan mineral makro rumput Gajah CV. Taiwan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemakaian pupuk N, P dan K pada perlakuan E (25% pupuk N, P da K + CMA) yang mana kandungan mineral P = 0,30%, Ca = 1,23%, Mg = 1.55% dan S = 0.30% memberikan hasil yang relatif sama terhadap kandungan mineral makro rumput Gajah cv. Taiwan dengan pemberian 100% pupuk N, P dan K tanpa CMA. Keywords : CMA, pupuk N, P dan K, Mineral makro (P, Ca, Mg dan S)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Khalil K
Date Deposited: 11 Jun 2019 16:43
Last Modified: 11 Jun 2019 16:43
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item