Perancangan Sistem Informasi Administrasi Penduduk (Studi Kasus: Nagari Panyubarangan Kabupaten Dharmasraya)

Meilani, Difana and Meuthia, Yumi and Andika, Fran (2018) Perancangan Sistem Informasi Administrasi Penduduk (Studi Kasus: Nagari Panyubarangan Kabupaten Dharmasraya). Seminar Nasional Sistem Komputer dan Informatika. ISSN 978-602-71695-0-0 (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Perancangan Sistem Informasi Administrasi Penduduk (Studi Kasus: Nagari Panyubarangan Kabupaten Dharmasraya))
Perancangan-Sistem-Informasi-Administrasi-Penduduk.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendataan penduduk di Kantor Nagari Panyubrangan saat ini masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan ruang untuk menyimpan berkas-berkas. Pendataan yang dilakukan yaitu untuk penduduk yang lahir, datang, pergi dan meninggal masih berupa dokumen tertulis dan juga di inputkan kembali di komputer menggunakan Microsoft Excel. Hal ini menimbulkan kendala pada saat ketika perlu melakukan pendataan ulang penduduk atau mencari informasi dari salah seorang penduduk karena data/laporan yang begitu banyak dan juga sering terjadi kerangkapan data. Hal mi juga mengakibatkan sulitnya pemberian data dan informasi secara cepat dan akurat mengenai laporan pendataan penduduk per periode tertentu pada tingkat kecamatan. Masalah lainnya yaitu lambatnya ketika pembuatan surat-surat yang memerlukan data personal penduduk. Berdasarkan permasalahan di atas, dirancang suatu sistem informasi pendataan penduduk berbasis desktop untuk memudahkan dalam pengelolaan data dan informasi penduduk nagari panyubarangan dan meningkatkan kinerja nagari panyubarangan dalam mengurus administrasi penduduk. Juga dapat menghasilkan suatu sistem pendataan penduduk desa yang memberikan informasi lebih efektif, cepat dan akurat. Selain itu juga dapat mempersingkat waktu dalam pembuatan surat administrasi yang berkaitan dengan penduduk. Kata Kunci- Administrasi Penduduk, Sistem Informasi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Difana Meilani
Date Deposited: 21 Feb 2019 11:10
Last Modified: 25 Feb 2019 11:14
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/21811

Available Versions of this Item

  • Perancangan Sistem Informasi Administrasi Penduduk (Studi Kasus: Nagari Panyubarangan Kabupaten Dharmasraya). (deposited 21 Feb 2019 11:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item