Strategi pengembangan usaha kecil menengah produk olahan coklat

Meilani, Difana and Febrinaldo, Roby (2016) Strategi pengembangan usaha kecil menengah produk olahan coklat. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 8. pp. 245-252. ISSN 2085-9902

[img]
Preview
Text (Strategi pengembangan usaha kecil menengah produk olahan coklat)
Strategi-Pengembangan-UKM-Produk-Olahan-Coklat.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/a...

Abstract

Perencanaan strategi merupakan suatu seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan lintas fungsional pada sebuah organisasi untuk mencapai tujuan. Pabrik Chokato merupakan UKM yang mengolah biji kakao menjadi beberapa produk dan memiliki kendala yaitu persaingan yang ketat, permodalan kecil, serta kegiatan promosi yang kurang maksimal. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat bagi Pabrik Chokato. Pada proses perumusan strategi bisnis ini analisis faktor internal dan eksternal menggunakan matriks IFE dan EFE, penentuan posisi dan perancangan alternatif strategi menggunakan matriks IE dan SWOT. Dari matriks SWOT diperoleh 15 alternatif strategi. Prioritas strategi ditentukan menggunakan matriks QSP. Berdasarkan masalah yang terjadi pada Pabrik Chokato, strategi mengembangkan lokasi pabrik menjadi pusat pengolahan coklat dan wisata agro khusus coklat merupakan strategi yang paling diprioritaskan. Oleh karena itu, segala hal yang terkait dengan strategi tersebut harus dioptimalkan agar dapat mengembangkan Pabrik Chokato.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Difana Meilani
Date Deposited: 21 Feb 2019 11:10
Last Modified: 25 Feb 2019 11:38
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item