Laporan Akhir Pengujian Laboratorium Efikasi Insektisida Polythion 200 EC (b.a.: Triazofos 200 g/l) Terhadap Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura) dan Pengaruhnya Terhadap Parasitoid Pada Tanaman Cabai

Efendi, Siska and Reflinaldon, Reflinaldon and Busniah, Munzir and Yaherwandi, Yaherwandi Laporan Akhir Pengujian Laboratorium Efikasi Insektisida Polythion 200 EC (b.a.: Triazofos 200 g/l) Terhadap Hama Ulat Grayak (Spodoptera litura) dan Pengaruhnya Terhadap Parasitoid Pada Tanaman Cabai. Fakultas Pertanian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN UJI EFIKASI INSEKTISIDA POLYTHION 200 EC.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan pestisida akan memberikan hasil yang optimal jika didasari dengan pengetahuan tentang pemilihan jenis, takaran penggunaan, cara dan waktu aplikasi yang tepat. Polythion 200 EC merupakan salah satu merek insektisida yang potensial untuk digunakan dalam mengendalikan S. litura. Untuk itu dilakukan percobaan yang bertujuan untuk menguji keefektifan insektisida Polythion 200 EC pada beberapa taraf konsentrasi terhadap S. litura dan pengaruhnya terhadap parasitoid S. manilae pada tanaman cabai di laboratorium. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan adalah beberapa konsentrasi insektisida Polythion 200 EC yakni 1.0 ml/l; 2.0 ml/l; 3.0 ml/l dan 4.0 ml/l. Satuan percobaan adalah satu polybag tanaman cabai berumur 6 minggu setelah tanam. Data dianalisis sidik ragam, kemudian dilanjutkan uji DNMRT pada taraf 5%. Semua konsentrasi yang diuji dapat menyebabkan persentase mortalitas sampai 100%. Persentase mortalitas tersebut terlihat pada pengamatan 96 JSA. Konsentrasi insektisida Polythion 200 EC memenuhi kriteria efikasi yakni 4.00 ml/l, dimana persentase kematian >80% terdapat pada empat waktu pengamatan. Insektisida Polythion 200 EC tergolong agak beracun terhadap parasitoid S. manilae. Kata Kunci: hama, cabai, mortalitas, parasitoid dan pestisida.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Siska Efendi
Date Deposited: 16 Jan 2019 09:53
Last Modified: 16 Jan 2019 09:53
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item