LAILA, HAFSYAH (2011) HUBUNGAN PERILAKU CARING YANG DILAKUKAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANGAN PENYAKIT DALAM RSUD PARIAMAN TAHUN 2011. Penelitian, Fakultas Keperawatan.
|
Text (HUBUNGAN PERILAKU CARING YANG DILAKUKAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANGAN PENYAKIT DALAM RSUD PARIAMAN TAHUN 2011)
PENELITIAN.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Caring merupakan konsep sentral yang menggabungkan pengetahuan dan praktek keperawatan. Keadaan dilapangan menunjukkan masih banyak klien yang mengeluh terhadap pelayanan keperawatan, klien mengatakan perawat kurang ramah, kasar dan sering tidak peduli pada klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring yang dilakukan perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruangan penyakit dalam RSUD Pariaman. Penelitian ini bersifat cross sectional, populasi pada penelitian ini seluruh klien yang dirawat di ruangan penyakit dalam dengan jumlah sampel 56 responden, sampel diambil secara accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 10 sampai dengan 21 Januari 2011 dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan secara univariat, bivariat dan multivariat, dengan menggunakan uji statistik chi-square dan uji regresi logistik. Dari hasil analisis univariat didapatkan (50%) perawat mendengarkan klien dengan penuh perhatian kurang, (62.5%) memberikan rasa nyaman yang kurang, (55.3%) memberikan sentuhan yang baik, (57.1%) membina hubungan saling percaya yang kurang, (53.6%) bertanggung jawab yang baik, (62.5%) memberikan informasi yang kurang, (62.5%) menunjukkan sensitifitas yang kurang, (60.7%) menunjukkan rasa hormat yang kurang dan (57.1%) tingkat kepuasan klien yang tidak puas. Dari hasil bivariat didapatkan hubungan yang bermakna antara perawat mendengarkan klien, memberi rasa nyaman, membina hubungan saling percaya, memberikan informasi, menunjukkan sensitifitas, menunjukkan rasa hormat, perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan klien. Dari hasil multivariat perilaku caring perawat membina hubungan saling percaya sebagai perilaku caring paling dominan. Secara umum tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat masih rendah. Untuk itu disarankan perlu dilakukan peningkatan pengawasan dan memberikan penyegaran tentang caring kepada perawat serta memberikan motivasi perawat agar berperilaku caring agar mutu asuhan keperawatan dapat terus di pertahankan. Kata kunci : Caring perawat, kepuasan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 21 Mar 2016 01:52 |
Last Modified: | 21 Mar 2016 01:52 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/206 |
Actions (login required)
View Item |