HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 PADANG TAHUN 2012

yona, febiyona (2012) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 PADANG TAHUN 2012. Penelitian.

[img]
Preview
Text
FEBYIONA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi tidak berarah ke perubahan yang positif malah menjadikan remaja menuju ke hal-hal yang negatif yang membentuk pribadi dan motivasi belajar yang kurang baik bagi remaja. Motivasi belajar dapat diartikan sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia untuk belajar yang mana motor penggeraknya adalah konsep diri. Konsep diri adalah cara individu dalam melihat pribadinya secara utuh, menyangkut fisik, emosi, intelektual, social, dan spiritual. Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei sampai Juli 2012 di SMA Negeri 7 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 345 siswa dan sampel yang diambil sejumlah 185 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 4 Mei 2012 dengan menggunakan kuisioner dan dianalisa dengan menggunakan distribusi frekuensi dan chi-square dengan derajat kemaknaan () = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri yang yang dimiliki siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Padang adalah lebih dari separuh siswa memiliki konsep diri positif (55,7%) dan sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi (88,1%). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Kepada siswa disarankan untuk membentuk konsep diri yang positif pada dirinya. Untuk orang tua dan pendidik khususnya bagian konseling hendaknya memberikan dukungan kepada siswa dalam membangun konsep diri yang positif tersebut. Kata kunci: konsep diri, motivasi belajar Technological development is not directed to the positive changes that actually make teens heading to the things that make negative personal and less motivation to learn is good for teens. Motivation to learn can be interpreted as a mental boost that moves and directs human behavior for which the driving motor learning is the concept himself. The concept of self is the way the individual in his personal view as a whole, involving physical, emotional, intellectual, social, and spiritual. The study was conducted from May to July 2012 in SMA Negeri Padang 7. The purpose of this study was to determine the relationship of self concept to the students' motivation. This type of research is a descriptive correlational cross-sectional approach. The population in this study as many as 345 students and a sample taken a number of 185 students using a proportionate stratified random sampling technique. The data was collected on May 4, 2012 using a questionnaire and analyzed using frequency distributions and chi-square with degrees of significance () = 0.05. The results showed that the concept of self-possessed class XI student at SMA Negeri Padang 7 is more than half of the students have positive self-concept (55.7%) and most students have a high motivation to learn (88.1%). Concluded that there was a significant association between self-concept and motivation of students to the value of p = 0.000 (p <0.05). Students are advised to establish a positive self-concept in itself. For parents and educators in particular the counseling should provide support to students in building a positive self-conc Key words: self-concept, motivation to learn

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:11
Last Modified: 18 Mar 2016 09:11
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item