MODEL FORMULASI SIKAP KRITIS PEMBACA “YANG BIAS” PADA TEKS BALIHO PILKADA KOTA SERAMBI MEKAH KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA

Sulastri, Sulastri and Iman, Diah Tyahya and Ronidin, Ronidin MODEL FORMULASI SIKAP KRITIS PEMBACA “YANG BIAS” PADA TEKS BALIHO PILKADA KOTA SERAMBI MEKAH KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA. -.

[img]
Preview
Text (MODEL FORMULASI SIKAP KRITIS PEMBACA “YANG BIAS” PADA TEKS BALIHO PILKADA KOTA SERAMBI MEKAH KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA - Arsip Pribadi)
MAKALAH FORPROSSI 5 ekstrak 7-10 MEI 2018.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meneliti bagaimana calon pemimpin di kota Padang Panjang, yang dikenal sebagai di kota Serambi Mekah. Aspek primordial dibungkus dengan simbol- simbol agama dalam iklan politik pilkada (baliho). Calon pemimpin secara luas mengekspos gambar mereka dengan menggunakan kata-kata yang tidak jelas. Para kandidat yang "lemah" secara cerdik menggunakan kata-kata yang tidak jelas itu untuk memberi kesan yang baik dan para pemilih dibawa ke interpretasi "yang diharapkan" melalui papan reklame itu. Selain itu, kata-kata dan simbol juga dapat menyusup ke pikiran calon pemilih baik secara sadar atau tidak sadar. Para pemilih secara tidak sadar terjebak dalam demokrasi "palsu" dan memilih pemimpin yang tidak memenuhi syarat.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: sry sartika
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:50
Last Modified: 27 Sep 2018 08:50
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item