ANALISA STRATEGI BERTAHAN HIDUP RUMAH TANGGA DI KECAMATAN PADANG SAGO KABUPATEN PADANG PARIAMAN PASCA BENCANA GEMPA

Sosmiarti, sos ANALISA STRATEGI BERTAHAN HIDUP RUMAH TANGGA DI KECAMATAN PADANG SAGO KABUPATEN PADANG PARIAMAN PASCA BENCANA GEMPA. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (analisa strategi bertahan hidup rumah tangga di kecamatan padang sago kabupaten padang pariaman pasca bencana gempa)
laporan penelitian 2016.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji kondisi Aset Rumah tangga Pasca bencana gempa setelah itu baru dikaji strategi apakah yang dipilih oleh Rumah tangga untuk mempertahankan kehidupanya dan menjamin keberlanjutan kehidupan tersebut pasca bencana gempa. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumah tangga sebagai objek penelitian, Analisa deskriptif digunakan untuk menentukan kondisi aset dan mengidentifikasi strategi yang dilakukan rumah tangga dalam memulihkan dan meningkatkan pendapatannya, Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang terkena dampak gempa di Kecamatan Padang Sago kabupaten padang pariaman, meskipun sudah mulai pulih dalam hal menjalani penghidupan mereka, tetap saja mesti berhadapan dengan semakin sulitnya penghidupan akibat dampak gempa tersebut terutama bagi mereka yang mempunyai keterbatasan dalam kepemilikan asset. tetapi secara umum setelah 5 tahun pasca gempa masyarakat sudah mulai bergairah untuk melakukan aktivitas perekonomian. .Strategi yang dominan digunakan oleh masyarakat di Kacamatan Padang Sago untuk keluar dari kesulitan perekonomian dan menjaga keberlanjutan penghidupannya adalah dengan beberapa cara yaitu: Melakukan peralihan tanaman dari padi ke pepaya, melakukan pinjaman atau kredit, menggunakan tabungan yang tersedia baik berupa uang ataupun emas, mengikuti julo- julo melalui organisasi kemasyarakat yang ada, memanfaatkan sumber daya alam, seperti mengambil galian c, memanfaatkan hasil hutan, kemudian beralih mata pencarian atau mencari mata pencaharian sampingan, memanfaatkan tenaga kerja keluarga, seperti istri dan anak- anak untuk mencari nafkah, dan melakukan migrasi atau merantau apabila dirasa dikampung sudah tidak mungkin lagi mendapatkan pekerjaan yang akan menjamin keberlanjutan penghidupannya. Kata Kunci : Aset Penghidupan dan Strategi Penghidupan

Item Type: Article
Additional Information: 1. Masyarakat yang terkena dampak gempa di Kecamatan Padang Sago kabupaten padang pariaman, meskipun sudah mulai pulih dalam hal menjalani penghidupan mereka, tetap saja mesti berhadapan dengan semakin sulitnya penghidupan akibat dampak gempa tersebut terutama bagi mereka yang mempunyai keterbatasan dalam kepemilikan asset. tetapi secara umum setelah 5 tahun pasca gempa masyarakat sudah mulai bergairah untuk melakukan aktivitas perekonomian 2. Strategi yang dominan digunakan oleh masyarakat di Kacamatan Padang Sago untuk keluar dari kesulitan perekonomian dan menjaga keberlanjutan penghidupannya adalah dengan beberapa cara yaitu: Melakukan peralihan tanaman dari padi ke pepaya, melakukan pinjaman atau kredit, menggunakan tabungan yang tersedia baik berupa uang ataupun emas, mengikuti julo- julo melalui organisasi kemasyarakat yang ada, memanfaatkan sumber daya alam, seperti mengambil galian c, memanfaatkan hasil hutan, kemudian beralih mata pencarian atau mencari mata pencaharian sampingan, memanfaatkan tenaga kerja keluarga, seperti istri dan anak- anak untuk mencari nafkah, dan melakukan migrasi atau merantau apabila dirasa dikampung sudah tidak mungkin lagi mendapatkan pekerjaan yang akan menjamin keberlanjutan penghidupannya.
Uncontrolled Keywords: Aset Penghidupan dan Strategi Penghidupan
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sosmiarti Sosmiarti
Date Deposited: 11 Oct 2018 11:36
Last Modified: 11 Oct 2018 11:36
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item View Item