ELIA, ANGRAINI (2011) HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PASIEN DENGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANGAN TRIASE INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2011. Penelitian, Fakultas Keperawatan.
|
Text (HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PASIEN DENGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANGAN TRIASE INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2011)
HUBUNGAN%20FAKTOR-FAKTOR%20KEPUASAN%20PASIEN%20DENGAN%20DIMENSI%20KUALITAS%20PELAYANAN%20KEPERAWATAN%20DI%20RUANGAN%20TRIASE%20INSTALASI%20GAWAT%20DARURAT%20RSUP%20DR.%20M.%20DJAMIL%20PADANG%20TAHUN%202011.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Kepuasan pasien merupakan indikator pertama dari standar suatu rumah sakit untuk mengukur kualitas layanan kesehatan. Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dirumah sakit, kualitas pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan keperawatan sehingga perlu adanya perhatian mutu pelayanan keperawatan dirumah sakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor kepuasan pasien dengan dimensi kualitas pelayanan keperawatan di ruangan Triase Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2010 sampai Mei 2011. Jumlah sampel sebanyak 143 orang, metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Data di kumpulkan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji Chi Square dan multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan dari 25 hubungan, ada hubungan yang bermakna sebanyak 21 hubungan. Dari model regresi logistik diketahui ternyata variabel yang dominan terhadap kualitas pelayanan keperawatan adalah variabel Efisiensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan perlunya meningkatkan perhatian rumah sakit terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dengan cara melatih perawat untuk dapat bekerja dengan efisien dalam mengatasi masalah pasien dengan cepat dan tepat, melaksanakan pelatihan teknis kepada petugas kesehatan, perawat untuk melakukan komunikasi terapeutik yaitu melayani pasien dengan ramah dan banyak senyum, melatih perawat untuk berbuat adil dalam memberikan pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial. Kata kunci : Kepuasan pasien, kualitas pelayanan keperawatan, efisiensi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Operator Repo Unand |
Date Deposited: | 18 Mar 2016 08:26 |
Last Modified: | 18 Mar 2016 08:26 |
URI: | http://repo.unand.ac.id/id/eprint/135 |
Actions (login required)
View Item |