IBW PENGEMBANGAN SENTRA PRODUKSI BIBIT (PENANGKARAN) KENTANG BERMUTU MELALUI APLIKASI TEKNOLOGI BIOSELULER DI KABUPATEN SOLOK

suliansyah, irfan and santosa, budi and Ekawati, Fitri IBW PENGEMBANGAN SENTRA PRODUKSI BIBIT (PENANGKARAN) KENTANG BERMUTU MELALUI APLIKASI TEKNOLOGI BIOSELULER DI KABUPATEN SOLOK. Fakultas Pertanian Unand. (Submitted)

[img]
Preview
Text
2018_PKM_IbW_PROPOSAL_II.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permintaan akan kentang yang terus meningkat merupakan pe¬luang usaha yang baik di bidang budidaya kentang. Namun demikian, produktivitas kentang di Indonesia masih rendah. Kendala rendahnya pro¬duksi tersebut adalah adalah ketersediaan bibit berkualitas secara konti¬nyu. Hingga saat ini propagul/bibit kentang yang berkualitas sebagian besar masih diperoleh dengan jalan mengimpor dari luar negeri. Untuk memperoleh propagul kentang unggul dan bermutu dapat dilakukan me¬lalui teknologi bioseluler. Aplikasi teknologi bioseluler selain bertujuan untuk perbaikan sifat tanaman, juga dimanfaatkan untuk pem¬bebasan penyakit. Bahan tanaman yang telah terbebas dari penyakit tersebut selanjutnya dapat diperbanyak secara masal dalam waktu re¬latif singkat. Beberapa propagul yang dapat dikembangkan dari teknologi bioseluler antara lain: umbi mikro, stek mikro, stek mini, dan umbi mini.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Irfan Suliansyah
Date Deposited: 16 Aug 2018 09:08
Last Modified: 16 Aug 2018 09:08
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item