ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAPPELAYANAN KEPERAWATANPRIMA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2012

aziz, abdul aziz (2012) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAPPELAYANAN KEPERAWATANPRIMA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2012. penelitian, fakultas keperawatan.

[img]
Preview
Text
Repository.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutu pelayanan di RSUP Dr. M. Djamil Padang diukur berdasarkan penurunan lama rata-rata hari rawat (AVLOS) pasien dan peningkatan jumlah tempat tidur yang terpakai (BOR) belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sepanjang tahun 2009-2011 terjadi peningkatan AVLOS pasien sedangkan peningkatan BOR masih fluktuatif. Indikator lain yang bisa digunakan untuk mengukur mutu pelayanan di rumah sakit adalah pengukuran tingkat kepuasan pasien. Salah satu bentuk pelayanan yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pasien adalah pelayanan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan prima di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2012 yang dinilai dari tiga belas indikator pelayanan prima yang tertuang dalam Kepmen-PAN No. 25 tahun 2004 tanpa memasukkan indikator kepastian biaya pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 115 orang.Sampel penelitian adalah pasien yang telah dirawat minimal tiga hari perawatan dan telah diizinkan pulang atau pulang atas permintaan sendiri.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari data demografi dan kuesioner pengukuran kualitas pelayanan keperawatan prima menggunakan skala likert.Analisis tingkat kepuasan pasien (TKP) ditentukan berdasarkan rumus yang dibuat oleh Wilde, dkk. (1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (76,52%) beranggapan pelayanan keperawatan belum prima. Mayoritas responden (81,74%) beranggapan kinerja pelayanan keperawatan sudah bagus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan keperawatan sudah bagus akan tetapi belum sampai pada tingkatan prima. Disarankan kepada setiap stakeholder keperawatan di rumah sakit agar lebih meningkatkan kinerja pelayanan pada aspek pemenuhan kebutuhan fisiologis pasien, kelengkapan fasilitas ruang perawatan, keterjangkauan biaya pelayanan, kesesuaian biaya pelayanan, kebersihan kamar mandi atau toilet, dan kenyamanan ruang perawatan. Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Keperawatan Prima.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Operator Repo Unand
Date Deposited: 18 Mar 2016 08:02
Last Modified: 23 Mar 2016 02:06
URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item